Don't be Captious

Media AS Rilis Kue Terenak di Dunia dari Indonesia

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Tiap negara memiliki kue nasional kebanggaan masing-masing. Sebut saja kue dorayaki khas Jepang kesukaan Doraemon dan Nobita, juga kue tiramisu dari Italia dan cheesecake dari Amerika. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia juga memiliki kue kebanggaan. Kue kebanggaan Indonesia adalah lapis legit. Menurut situs berita dunia, CNN, Senin (7/8/2017), kue ini termasuk salah satu kue nasional paling lezat di dunia, disandingkan dengan kue-kue dari negara lainnya. Sekalipun resep modifikasinya banyak beredar, rasa orisinalnya tetap dirindukan. 

Lapis legit (Pinterest)

Sesuai resep klasiknya, pembuatan lapis legit memang tergolong ‘wah’ dan butuh kesabaran ekstra. Bagaimana tidak, adonan sponge cake tipis berwarna kekuningan dan kecokelatan dituang satu per satu, tipis-tipis, berulang-ulang.

Tiap lapisan harus punya tingkat kematangan sama, tak gosong di bagian terbawah dan matang sempurna di bagian teratas. Begitu pula ketebalan lapisan kuning dan lapisan cokelat harus sama, bertumpuk selang-seling hingga akhirnya menjadi 18 lapis. 

Yang membuat lapis legit istimewa, ada cita rasa rempah yang samar-samar tercecap. Kombinasi kayumanis, spekuk, cengkih, dan biji pala berpadu sempurna dengan kocokan mentega dan telur yang membuat per lapisnya lebih kenyal.

Lapis legit (CNN)

Sebetulnya, lapis legit terinspirasi dari jenis kue berlapis Eropa. Kue ini diciptakan dari era kolonial Belanda yang kemudian dimodifikasi dengan cita rasa Asia.

Berikut ini adalah deretan kue paling enak di dunia seperti dilansir dari CNN. Perlu diingat bahwa daftar di bawah ini bukan diurutkan berdasarkan peringkatnya.

1. Italia: Tiramisu
2. Swedia: Swedish Princess Cake (Prinsesstarta)
3. Jepang: Dorayaki
4. Denmark, Norwegia: Kransekage
5. Indonesia: Lapis Legit

6. Selandia Baru: Pavlova
7. Australia: Lamington
8. Prancis: Madeleines
9. Malaysia, Singapura: Pandan Cake
10. Amerika Serikat: Cheesecake
11. Jerman: Black Forest Cake
12. Hong Kong: Ma Lai Go
13. Meksiko: Tres Leches Cake
14. Austria: Kaiserschmarrn
15. Uruguay: Postre Chaja
16. Inggris Raya: Victoria Sponge
17. Turki: Baklava

(tom)

Latest article