5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Mana yang Sudah Kamu Taklukkan?


Negara kita, Indonesia, dipenuhi dengan berbagai macam kekayaan alam, seperti misalnya lautan, hutan, bahkan gunung. Gunung-gunung yang ada di Indonesia bahkan ada yang tercatat sebagai gunung tertinggi. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 gunung tertinggi di Indonesia.

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci (Wikipedia)

Gunung Kerinci menjadi gunung berapi aktif yang paling tinggi di Indonesia. Gunung yang menjadi puncak dari area pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari Aceh hingga ke Lampung ini juga menjadi gunung tertinggi di Sumatera. Gunung yang pertama kali didaki pada tahun 1877 oleh Arend Ludolf van Hasselt dan Daniël David Veth ini terakhir kali meletus pada tahun 2009 silam. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

2. Ngga Pilimsit

Ngga Pilimsit (Ferdyfs)

Letaknya masih berada dalam barisan pegunungan Maoke di barat Papua. Ngga Pilimsit sebenarnya juga berada tidak jauh dari Puncak Jayawijaya, hanya berjarak 21 km ke arah timur laut. Gunung dengan ketinggian 4.717 mdpl ini punya julukan Mount Idenberg oleh pemerintah kolonial Belanda.

3. Puncak Trikora

Puncak Trikora (Wikipedia)

Gunung ini pernah memiliki nama lain, yaitu Wilhelmina Peak sampai tahun 1963, lalu akhirnya diubah menjadi Puncak Trikora. Dulunya, gunung yang berada di Papua Barat ini juga diselimuti oleh salju, namun kini sudah tidak ada lagi karena pemanasan global sejak tahun 1962 lalu. Berdasarkan data yang ada, Puncak Trikora dengan ketinggian 4.750 mdpl ini pertama kali ditaklukkan tahun 1913 oleh tiga pendaki, yaitu Franssen Herderschee, Hubrecht dan Versteeg.

4. Puncak Mandala

Puncak Mandala (Wikimedia)

Sama seperti Puncak Trikora, Puncak Mandala juga kehilangan salju sejak pemanasan global pada tahun 2003. Padahal, ketinggian gunung yang berada di timur Papua, di perbatasan antara Papua dengan Papua Nugini ini mencapai 4.760 mdpl. Namun, gunung yang dikenal dengan julukan Juliana Top ini tetap ramai diminati para pendaki.

5. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya (Ksmtour)

Tidak hanya jadi gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jayawijaya juga menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncaknya selalu diselimuti salju. Gunung yang terletak dalam barisan pegunungan Sudirman di Papua ini dikenal dengan julukan Cartenz Pyramid dan masuk dalam Seven Summits yang diakui dunia. Banyak pendaki yang ingin menaklukkannya, terutama sejak pertama kali didaki pada tahun 1936. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak