Eloknya Danau Biru di Sumbar yang Jadi Favorit Foto Prewedding


Danau Biru di Sawahlunto (@restiireza)

Apa yang terbersit di pikiranmu saat mendengar nama Sumatera Barat? Pasti hampir sebagian besar dari kamu terpikirkan kuliner khasnya yakni nasi Padang yang kepopulerannya tak hanya di Indonesia saja, tapi juga di mancanegara. Padahal, Sumatera Barat juga memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang sangat menarik untuk kamu datangi. Salah satunya adalah Danau Biru yang berada di Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, danau biru merupakan sebuah danau yang airnya berwarna biru jernih.

Danau Biru di Sawahlunto (@restiireza)

Tadinya Danau Biru merupakan bekas pertambangan batubara karena pada zaman Hindia Belanda, Kota Sawahlunto ini memang dikenal sebagai penghasil batubara terbesar di Pulau Sumatera. Sisa-sisa pertambangan di lokasi ini bisa kamu lihat dengan jelas dari gunung batu yang mengelilingi Danau Biru. Pegunungan batu yang cekung ini kemudian terisi oleh tetesan air hujan selama bertahun-tahun dan ajaibnya, air yang tertampung berwarna biru secara alami. Kemungkinan warna biru pada Danau Biru dihasilkan dari pengaruh resapan yang ada di dasar danau.

Danau Biru di Sawahlunto (@rhannamariwa)

Keelokan pegunungan batu yang sudah ditumbuhi pohon-pohon hijau tersebut terlihat sangat kontras dengan warna biru yang dimiliki air danau. Hal inilah yang menjadikan Danau Biru memiliki daya pikat tersendiri yang tak dimiliki danau lainnya. Danau Biru bisa dikatakan sebagai wisata baru di Sumatera Barat karena baru objek wisata ini baru dibuka pada awal tahun 2016. Awalnya masih belum banyak yang datang ke sini karena lokasinya cukup terpencil. Namun berkat foto-foto keindahan Danau Biru yang banyak diupload di sosial media, tak sampai satu tahun, tempat ini pun ramai didatangi para wisatawan.

Danau Biru di Sawahlunto (@hattaart)

Pemandangan Danau Biru yang indah membuat banyak pasangan mengadakan foto prewedding di sini. Ada banyak spot yang bisa kamu gunakan untuk berfoto seperti di bagian atas gunung seperti yang banyak kamu lihat, di sini juga ada hammock yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sejenak sambil menikmati indahnya pemandangan danau. Lalu di bagian bawah pinggir danau. Untuk dapat mendapatkan menikmati keelokan Danau Biru, kamu tak perlu mengeluarkan rupiah untuk membayar tiket masuk ke Danau Biru karena wisata alam ini masih gratis. Hanya saja, kamu harus mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan, motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

Hammock Danau Biru di Sawahlunto (@faruqalfth)

Jarak tempuhnya dari Kota Sawahlunto sekitar 13 km. Tapi, untuk mencapai lokasi wisata ini, dibutuhkan kendaraan yang terbiasa untuk off road karena jalanannya masih belum diaspal oleh pemerintah setempat sehingga masih berbatu dan tidak rata. Medan yang ditempuh juga menanjak, jadi persiapkan kendaraan yang cukup oke ya JBers agar kamu tidak terhenti di tengah perjalanan. Sarana dan prasarana yang ada juga masih belum lengkap. Kamu akan susah menemukan warung penjual makanan dan minuman serta WC dan musholla.

Bagian Bawah Danau Biru di Sawahlunto (@fachrimuh)

Meski dibuka setiap hari dan bisa didatangi 24 jam, tapi waktu terbaik untuk datang mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore karena jika masih terlalu pagi atau sudah malam, jalanan menuju Danau Biru sangat minim penerangan. Jadi sebaiknya, kamu datang saat ada penerangan alami dari sinar matahari. Nah, bagaimana JBers? Apa keindahan dari Danau Biru memikat hatimu? Yuk, langsung datang saja ke sini! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak