Sumber Daya Melimpah, Ini Dia 5 Kota Paling Kaya di Indonesia


Bisa dibilang kemajuan dan kemakmuran sebuah kota, bisa menjadi acuan kelayakannya untuk dihuni. Di Indonesia, ada 5 kota yang memiliki sumber daya melimpah, serta memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, dan kemudian bisa digolongkan menjadi kota paling kaya di Indonesia. Kota mana saja? Berikut kelima kotanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Mimika Papua

Mimika Papua (Halamanpapua)

Bukan lagi hal yang aneh kalau pulau paling timur Indonesia sudah terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah. Selain itu, Mimika menghasilkan pendapatan lebih tinggi ketimbang kota lain di Indonesia. Rupanya hal itu juga dipengaruhi dengan adanya perusahaan besar tambang yang ada di sana.

2. Kediri

Kediri (Vigpowercapsule)

Dengan jumlah penduduknya yang mencapai 268 ribu jiwa, PDB Kediri menurut BPS masuk dalam angka yang luar biasa. Bayangkan dalam setahun rupanya kota Kediri menghasilkan sampai Rp 315 juta. Hal ini merupakan prestasi yang besar terutama untuk kota yang bukan merupakan Metropolitan.

3. DKI Jakarta

Jakarta (Akamaized)

Dengan jumlah penduduk hampir 10 juta jiwa, rupanya pendapatan domestik dari kota ini adalah sekitar Rp 174 juta. Bukan hal yang aneh mengingat jumlah penduduk yang ada di sana juga sangat banyak. Sebenarnya kota Jakarta sendiri berstatus sebagai sebuah provinsi karena pada dasarnya terdiri atas 5 kota dan satu kabupaten. Oleh sebab itu data dari BPS yang diambil adalah pendapatan per kapita provinsi.

4. Cilegon

Cilegon (Beritabanten)

Dengan adanya industri baja yang ada di sana, kota ini mendapatkan penghasilan domestik yang lumayan besar ketimbang daerah lain. Bayangkan, pendapatan perkapita kota Cilegon bisa mencapai Rp 173 ribu. Itu semua memang karena adanya sebuah pabrik dan industri baja yang ada di sana seperti PT Krakatau Steel dan lain-lain.

5. Bontang

Kota Bontang (Klikbontang)

Rupanya predikat kota terkaya di Indonesia disandang oleh Bontang yang ternyata memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Padahal, kota ini hanya terdiri dari tiga kecamatan saja dengan jumlah penduduk sekitar 165 ribu jiwa saja. Namun apa yang membuat kota ini mendapatkan pendapatan perkapita tertinggi di Indonesia? Rupanya selain karena sumber dayanya, banyak pula investor besar luar negeri yang menanamkan saham dan membangun perusahaan di sana. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak