Tips Lolos LPDP dari Para Penerima Beasiswa, Dijamin Manjur!


Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP menjadi salah satu primadona khususnya bagi para pemburu beasiswa (hunter scholarship) yang ingin melanjutkan Program Master dan Doctor ke dalam atau luar negeri. Ada puluhan ribu orang tiap tahunnya yang mendaftar beasiswa ini. Maka tak heran, syarat dan persaingannya pun begitu ketat. Mereka yang terpilih adalah yang terbaik di antara yang terbaik. Karena itulah dibutuhkan persiapan matang, mulai dari membulatkan tekad, mempersiapkan segala persyaratan seleksi administratif, hingga menentukan jurusan dan universitas tujuan. Jika JBers memang mengincar beasiswa ini, tips-tips dari para penerima beasiswa ini bisa kamu ikuti.

1. Meningkatkan nilai TOEFL dan IELTS

Arsyan Hilman (Instagram)

Tes TOEFL dan IELTS menjadi syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP dan masuk ke universitas yang kamu dambakan. Ada baiknya jika kamu membiasakan diri untuk mulai menulis bahasa Inggris sejak dini.

“Biasanya untuk tes IELTS banyak yang jeblok di bagian writing. Itu karena kita kurang biasa nulis. Jadi, mulai dari sekarang perbanyak aja untuk menulis” ~ Arsyan Hilman (Awardee LPDP di Aberdeen University, UK).

2. Siapkan Sertifikasi Bahasa dan LoA

Indrawan Cahyo Adilaksono (Instagram)

Sertifikasi bahasa dan LoA (Letter of Acceptance) bisa menjadi poin plus kamu agar peluang diterima oleh pihak LPDP dan universitas tujuanmu menjadi lebih besar. Jika diartikan, seperti namanya, LoA atau acceptance letter adalah surat penerimaan. Dokumen ini secara resmi menandakan seseorang telah diterima sebagai mahasiswa universitas tertentu. Surat tersebut dikeluarkan oleh kampus yang dituju.

“Ini adalah dokumen optional. Tidak dicantumkan tidak ada larangan. Namun kesempatan diterima akan lebih besar. Ikutilah pelatihan/les bahasa dan tes setelahnya. LoA kalau di Jepang didapatkan setelah intensive berkomunikasi dengan sensei melalui email dengan mengirimkan CV, sertifikat bahasa, dan surat rekomendasi. LoA ini yang saya gunakan untuk mendaftar LPDP” ~ Indrawan Cahyo Adilaksono (Awardee LPDP di Kyoto University, Jepang).

3. Perkuat kontribusimu untuk negara

Imam Arifaillah (Instagram)

Sebelum menuntut apa yang bisa negara berikan untuk kita, terlebih dahulu kita harus menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Sebagai pemuda, kita juga memiliki tanggung jawab untuk memajukan bangsa dan negara.

“Kalau tips dan trik dari saya, kontribusi untuk masyarakat diperkuat. Kontribusi dari bidang apa saja dan memberi manfaat kepada masyarakat. Pada saat diterima menjadi keluarga besar LPDP nantinya, semua penerima beasiswa harus berikrar untuk selalu berkontribusi kepada masyarakat di bidangnya masing-masing” ~ Imam Arifaillah (Awardee LPDP di UGM).

4. Percaya diri

Harry Marareza (Instagram)

Apa yang kamu pikirkan akan mempengaruhi tindakan, lingkungan, dan hasil yang akan kamu dapatkan. Jika kamu percaya diri, kemungkinan besar semua akan berjalan lancar sesuai dengan yang kamu rencanakan.

“Menurut saya untuk mendapatkan beasiswa LPDP kita tidak bersaing dengan siapapun karena tidak ada sistem kuota dalam penerimaannya. Tapi kita bersaing dengan diri sendiri. Tanyakan pada diri apakah kita telah memenuhi kualifikasi yang dicari LPDP atau tidak. Jika jawabannya ya, maka percayalah kamu akan mendapatkannya” ~ Harry Marareza (Awardee LPDP di UGM).

5. Berikan jawaban yang jujur saat wawancara

Namira Daufina (About.me)

Bagi Namira Daufina (25), awardee LPDP yang akan melanjutkan studi di University of Leeds, Inggris, untuk Jurusan New Media ini, ada 5 tips jitu yang membuat kita lolos seleksi wawancara LPDP. Menurut Nami, panggilan akrabnya, wawancara bukanlah sesi mengarang dongeng. Berikanlah jawaban jujur yang bisa kamu pertanggungjawabkan ketika sudah menjadi awardee LPDP nanti.

“Para interviewer tentu tahu mana yang realistis dan mana yang sugar-coating. Mereka mencari calon penerus bangsa yang bisa dipercaya tindak dan ucapannya. Jadi, jangan sampai kita dipandang hanya jago bersilat lidah” ~ Namira Daufina (Awardee LPDP yang akan melanjutkan studi di University of Leeds, Inggris).

Itulah beberapa tips dan trik dari para awardee yang bisa JBers aplikasikan jika ingin lolos LPDP. Selamat mencoba, dan semoga sukses.Perjuanganmu pasti akan membuahkan hasil. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak