Selain Kopi, Ini Makanan dan Minuman yang Bisa Cegah Kantuk Saat di Kantor


Isyana menguap (Fajaronline)

Yang namanya ngantuk pasti bisa menyerang semua orang. Hal ini wajar, karena manusia memang diciptakan untuk bisa merasakan kantuk. Yang jadi masalah adalah ketika rasa kantuk itu menyerang pada tempat dan waktu yang tak tepat, seperti misalnya saat JBers berada di kantor. Kebanyakan orang menyarankan agar kamu membuat secangkir kopi untuk bisa mengusir rasa kantuk itu. Padahal, sebenarnya masih ada makanan dan minuman lain yang bisa dikonsumsi untuk mengusir rasa kantuknya. Berikut ini JB berikan makanan dan minuman yang bisa cegah kantuk selama berada di kantor.

1. Susu cokelat

Susu cokelat (Pixabay)

Mungkin selama ini susu dianggap sebagai minuman yang bisa membuat tubuh dan tulang menjadi sehat. Ternyata susu memiliki fungsi lain, yaitu mengusir rasa kantuk. Susunya sendiri bukan susu putih, melainkan susu cokelat, dan harus disajikan hangat. Kenapa susu cokelat ini bisa mencegah kantuk? Susu cokelat ini mengandung tirosin yang diubah menjadi dopamin. Dopamin sendiri merupakan stimulan yang bisa melawan rasa ngantuk.

2. Teh

Teh (Pixabay)

Minuman yang dianggap sebagai ‘teman’ dari kopi ini rupanya juga bisa mengusir rasa ngantuk lho. Teh ini harus disajikan panas, bukan dingin. Meminum teh panas dapat mengaktifkan syaraf-syaraf kamu yang kelelahan, yang otomatis dapat mengusir rasa ngantuk.

3. Yoghurt

Yoghurt (Pixabay)

Kandungan gula alami dan protein yang terdapat dalam yoghurt dapat membuat tubuh lebih segar. Terlebih jika kamu mengkonsumsi yoghurt dingin, dijamin langsung seger deh. Selain itu, probiotik bakteri dalam yoghurt juga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

4. Apel

Apel (Pixabay)

Tak banyak yang tahu jika mengkonsumsi buah apel bisa melawan rasa kantuk. Mengkonsumsinya selagi manis dan segar mampu membuat badan kamu segar kembali. Buah lain selain apel yang bisa dimakan untuk mengusir rasa kantuk adalah melon.

5. Es krim

Es krim (Pixabay)

Jika kamu dilanda rasa kantuk, kamu bisa segarkan badan kamu dengan makan buah dingin, es krim atau aneka es. Sensasi dinginnya dari makanan dan minuman itu akan membuat mata kamu melek.

6. Air mineral

Air mineral (Pixabay)

Rasa mengantuk dan lelah bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan. Cegahlah dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan air. Selalu sediakan air mineral atau air putih di meja kerja kamu. Tapi ingat, jangan berlebihan juga dalam mengkonsumsi air putih ini, karena bisa-bisa kamu kembung, atau malah sering buang air kecil.

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang bisa JBers konsumsi agar tak merasa ngantuk saat bekerja di kantor. Semoga kamu tak ngantuk lagi setelah mengkonsumsinya dan pekerjaan kamu bisa cepat selesai. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
51
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak