Dont be Captious
Karyawan (Hipwee)

Ini 5 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Kamu yang Berijazah SMA

Karena alasan ekonomi, tak sedikit lulusan SMA yang memutuskan untuk langsung bekerja. Namun dengan ijazah seadanya banyak diantara mereka mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang rendah dan gaji yang pas-pasan. Seperti penjaga warnet, penjaga toko, kasir dan lainnya. Tapi ternyata masih ada pekerjaan bagi lulusan SMA dengan gaji yang cukup tinggi, bahkan hampir menyamai mereka yang memiliki ijazah S1. Apa saja pekerjaannya?

1. Sales marketing

Ilustrasi sales (Mediakonsumen)

Banyak orang memandang sebelah mata akan pekerjaan ini, karena selain harus merayu-rayu pembeli pekerjaan ini juga mengharuskanmu untuk mengejar target penjualan. Namun jika kamu tekun, pekerjaan ini bisa mendatangkan gaji yang besar. Selain mendapatkan gaji bulanan, kamu juga akan mendapatkan bonus tiap penjualan yang jauh lebih besar dari gaji bulanan. Komisi penjualan memang bervariasi, namun jika harga barang yang kamu jual sudah tinggi, seperti mobil atau rumah, komisi 1 persen pun juga kamu bakal mendapatkan komisi besar. Misal jika harga rumah Rp 1 miliar, maka kamu akan mendapatkan komisi 1 persen sebesar Rp 10 juta.

2. Operator alat berat

Operator alat berat (Equipina)

Pekerjaan sebagai operator alat berat memang penuh dengan tantangan, dari tingkat konsentrasi yang tinggi hingga resiko kecelakaan kerja. Tak heran jika pekerjaan ini memiliki gaji yang tinggi, sesuai dengan resikonya. Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan ijazah kuliah tapi cukup menjanjikan untuk para lulusan SMA. Kamu hanya memerlukan sertifikat SIO (Surat Izin Operator) saja. Dilansir dari situs Qerja.com, pada tahun 2015 pekerja operator alat berat di Freeport bisa mencapai Rp 6 juta per bulannya.

3. Petugas pemasangan dan pemeliharaan kabel listrik

Petugas kabel listrik (Tribunnews)

Dengan semakin meningkatnya penggunaan listrik di masyarakat, semakin banyak pula kabel yang perlu dipasang dan diperbaiki. Cukup dengan memiliki ijazah SMA, kamu bisa mendapatkan gaji yang tinggi dari profesi ini. Tentu saja, pekerjaan ini juga memiliki resiko tinggi, karena berhubungan dengan nyawa seseorang. Sebelum menjalankan pekerjaan ini, biasanya calon pekerja akan diberikan pelatihan kerja terlebih dulu agar lebih mapan dalam menjalankan tugas. Menurut situs Gajimu.com, gaji seorang mekanik dan pemasang listrik rata-rata Rp 3,6 juta per bulannya.

4. Kepala kantor pos

Kepala kantor pos (Bengkuluekspress)

Sebagai kepala kantor, sudah pasti gaji yang akan didapat melebihi gaji karyawannya. Namun, walaupun tidak mensyaratkan ijazah SMA, pekerjaan dengan posisi ini mengharuskanmu memiliki pengalaman bekerja 5 tahun. Jadi, jika pengalaman kerja yang dimiliki sudah sampai level 5 tahun, pekerjaan ini bisa kamu coba. Posisi di PT Pos IndonesiaMenjadi staf operasional perusahaan memang tidak membutuhkan gelar sarjana atau pengalaman kerja. ini menawarkan gaji yang berkisar antara Rp 6-7 juta untuk kepala kantor, dan Rp 4 juta untuk kepala kantor cabang.

5. Staf operasional perusahaan

Ilustrasi staf perusahaan (Damarindomandiri)

Menjadi staf operasional perusahaan memang tidak membutuhkan gelar sarjana atau pengalaman kerja. Tugas staf operasional perusahaan adalah melakukan koordinasi kegiatan operasional perusahaan seperti pelatihan dan perencanaan. Dengan tugas kerja tersebut, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan. Mengenai gajinya, tiap perusahaan memberikan gaji yang berbeda untuk posisi ini, namun minimal kamu dapat gaji sebesar Rp 2,5 juta, dan maksimal sebesar Rp 4 juta jika menurut situs Jobstreet.co.id.

Jadi, jika JB’ers merupakan lulusan SMA, jangan berkecil hati dulu, karena masih ada pekerjaan yang tak membutuhkan ijazah S1 namun bergaji tinggi seperti di atas. (tom)

Apa Komentarmu
Loading...