5 Pekerjaan yang Bisa Dilamar Buat Kamu Lulusan Ilmu Komunikasi


Jurusan Ilmu Komunikasi (Halokampus)

Komunikasi adalah sebuah proses dimana terdapat interaksi antara komunikan dan komunikator untuk melakukan pertukaran pesan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebuah interaksi sosial yang dapat dikatakan tidak berarti apa-apa apabila tidak terdapat komunikasi di dalamnya. Dalam dunia kerja saat ini, teknologi sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Tak heran jika ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi, dengan harapan lulusannya bisa menghadapi perkembangan zaman seperti sekarang ini. Nah, jika JB’ers merupakan lulusan ilmu komunikasi, bisa mencoba untuk melamar di posisi-posisi berikut ini.

1. Jurnalis

Jurnalis (Okezone)

Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik menjadi mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan. Sebab dari mata kuliah inilah mahasiswa dilatih untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyebarkan berita yang dibuat. Sehingga bisa dibilang jurnalis adalah profesi yang memang menjadi incaran utama bagi orang yang kuliah ilmu komunikasi. Adapun bidang-bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi wartawan, redaktur, dan reporter.

2. Penyiar

Penyiar radio (Buahbibir)

Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya adalah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun media online kepada masyarakat. Dengan tuntutan yang demikian, profesi seorang penyiar menjadi profesi yang sangat cocok untuk seseorang yang menekuni bidang komunikasi. Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer, penyiar radio dan lain-lain adalah jenis pekerjaan yang terlibat dalam bidang penyiaran, dan pekerjaan-pekerjaan itu adalah prospek kerja yang paling banyak dicari oleh industri-industri komunikasi yang sedang berkembang saat ini.

3. Presenter atau announcer

Presenter (Inovasee)

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan ilmu komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang presenter. Lulusan ilmu komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan ilmu komunikasi.

4. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat

Ilustrasi public relation (Pixabay)

Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau Humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan-pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.

5. Komunikasi pemasaran

Ilustrasi komunikasi pemasaran (Pxhere)

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi seorang yang berkecimpung dalam komunikasi pemasaran tidak semata-mata mengedepankan unsur pemasaran dari ilmu bisnis saja. Lulusan ilmu komunikasi diharapkan dapat menjadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau seperti apa tujuan yang diharapkan.

Di antara 5 pekerjaan itu, posisi mana yang mau JB’ers lamar? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak