Don't be Captious

Ini 5 Tips Ampuh Membuat Password Agar Medsos Kamu Tak Mudah Di-Hack

Facebook (Pixabay)

Password telah menjadi bagian penting bagi pelaku online, karena semua akun mengandalkan password. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara membuat password yang kuat dan baik mudah diingat, agar akun JB’ers aman dari jangkauan hacker. Berikut adalah 5 tips ampuh membuat password yang kuat dan aman.

1. Hindari password umum

QWERTY (BBC)

Ada orang yang memilih password umum agar tak mau ribet, padahal hal tersebut justru memudahkan hacker untuk membobol akun orang tersebut. Sebisa mungkin jauhi password umum seperti 12345, QWERTY, nama kamu sendiri, atau nama peliharaan kamu. Hindari pula mengubah huruf jadi angka, karena itu mudah ditebak, seperti mengganti huruf vokal a menjadi 4, i menjadi 1, atau o menjadi 0.

2. Pakai kombinasi huruf, angka dan simbol

Contoh kombinasi angka dan huruf (Wahyukatonsusila)

Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit. Contohnya: Ber2$aTu7aN* (berdua satu tujuan) atau P4caRko3_C4nT!k (pacar ku cantik). Memang terlihat alay, namun password seperti ini adalah yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang hacker.

3. Gunakan fitur verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah (Naukrinama)

Agar keamanan pengguna semakin terjaga, beberapa media sosial seperti Facebook, Whatsapp bahkan layanan email populer yakni Gmail menanamkan fitur “verifikasi 2 langkah” ke dalam platform mereka. Fitur ini akan memverifikasi setiap ada akses login ke akun media sosialmu. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, biasanya kamu akan menerima sms berisi kode yang perlu kamu input agar kamu bisa masuk walaupun kamu telah memasukkan password dengan benar. Tak hanya melalui sms berisi kode login, kamu juga bisa memilih menggunakan sejumlah kode yang sudah ditentukan dan menginputnya ketika kamu diminta memasukkan sebuah kode.

4. Cek kekuatan password

Password (Pixabay)

Beberapa situs seperti howsecureismypassword.net atau rumkin.com menawarkan jasa untuk mengecek seberapa kuat sebuah password secara gratis. Dengan bantuan situs ini, kamu sudah bisa mempertimbangkan apakah password yang kamu gunakan sudah termasuk kategori aman atau malah terlalu mudah untuk ditebak.

5. Simpan password hanya untuk diri kamu sendiri

Ilustrasi password aman (Jalantikus)

Idealnya password itu hanya kamu sendiri yang boleh tahu. Walaupun teman akrabmu atau pacarmu meminta password media sosialmu secara terang-terangan dan tanpa alasan yang jelas serta kuat, seharusnya kamu tidak memenuhi permintaan mereka. Jangan pula meninggalkan catatan berisi sandi berbagai situs di komputer atau meja. Orang yang sekadar lewat akan dapat mencuri informasi ini dengan mudah dan menggunakannya untuk menyusup ke akun kamu. Jika kamu memutuskan menyimpan sandi dalam file di komputer, buat nama yang unik untuk file tersebut sehingga orang lain tidak mengetahui apa isinya. Hindari pemberian nama file yang terlalu mencerminkan isinya, misalnya “sandi saya”.

Itulah 5 tips ampuh untuk membuat password agar akun medsos milikmu tak mudah kena hack oleh orang tak bertanggung jawab. Selamat mencoba! (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...