Don't be Captious

Tak Perlu Angkat Senjata untuk Jadi Pahlawan, Cukup Lakukan 5 Hal Sederhana Namun Bermakna Ini

Bendera Merah Putih (Bersabda)

Mendengar kata pahlawan, yang selama ini tertanam dalam benak kita adalah seseorang yang turun ke medan perang dan rela berkorban demi mempertahankan negaranya. Memang, pada zaman penjajahan definisi itu tak salah. Namun, kini Indonesia sudah merdeka, dan tak ada lagi penjajahan. Meski demikian, JB’ers juga bisa menjadi pahlawan bangsa. Caranya tentu bukan dengan mengangkat senjata seperti akan berperang, namun lewat 5 hal sederhana ini.

1. Totalitas dalam bekerja

Ilustrasi bekerja (Quipper)

Berbeda dengan zaman penjajahan dulu, yang berjuang dengan menggunakan senjata, sekarang perjuangannya adalah dengan bekerja secara totalitas. Jangan sangka kamu bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamu adalah pahlawan jika kamu bekerja dengan totalitas dan profesionalisme yang tinggi. Dengan bekerja, sama artinya kamu sedang berjuang untuk diri sendiri, menjadi pahlawan keluarga, serta berkontribusi dalam proses pembangunan negeri.

2. Menjaga budaya bangsa

Wayang (Plimbi)

Menjadi seorang pahlawan tidak hanya berarti seseorang yang sudah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Pahlawan juga bisa ditujukan pada orang-orang yang berjuang mempertahankan kemerdekaan tersebut, salah satunya dengan menjaga budaya bangsa sendiri. Kamu bisa menjadi seorang pahlawan dengan menjaga segala produk kebudayaan bangsa dan berjuang untuk melestarikannya, agar tak diklaim bangsa lain.

3. Menjaga persatuan

Anak-anak Indonesia (Ceritakita)

Para pejuang zaman dulu bersatu dan berjuang bersama untuk bisa meraih kemerdekaan. Maka tugasmu saat ini adalah memelihara kemerdekaan dengan menjaga persatuan dan kerukunan. Jangan sampai hal-hal seperti perbedaan suku, agama, atau pun pilihan partai politik membuat kamu saling membenci. Ingat, slogan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika.

4. Menghargai karya anak bangsa

Gitar tipis buatan Bandung (Kompas)

Pernahkah kamu mendengar ada orang yang rela berkarya di negeri lain karena karyanya tidak dihargai di negeri sendiri? Jika ditanya siapa yang salah, bisa jadi kamu juga salah satunya. Kamu terlalu menggemari karya dan produk bangsa lain sehingga lupa dengan karya bangsa sendiri. Memang tidak ada yang melarangmu untuk memakai hasil karya bangsa lain, tetapi jika itu membuatmu sepenuhnya melupakan karya bangsa sendiri, maka sia-sia saja kerja keras saudara-saudara sebangsamu yang sudah berkarya.

5. Menjaga ketertiban

Tertib berlalu lintas (Polri)

Para pejuang sudah rela mengorbankan nyawanya sehingga di detik ini kamu bisa hidup dengan nyaman. Jangan rusak perjuangan mereka dengan sikapmu yang mengganggu ketertiban dan melanggar peraturan. Jadilah pahlawan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti antre, buang sampah pada tempatnya, mematuhi peraturan lalu lintas, tidak menyerobot kursi prioritas di dalam kendaran umum, dan banyak lainnya.

Berbeda zaman berbeda pula cara untuk menjadi seorang pahlawan. Jika dulu seorang pahlawan adalah mereka yang angkat senjata dan berperang melawan penjajah, maka pada zaman sekarang ini kamu bisa menjadi seorang pahlawan dengan melakukan 5 hal yang disebutkan di atas. Semoga kita semua bisa menjadi pahlawan bangsa. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...