Waspada, Ini Bahaya Duduk dengan Kaki Bersilang yang Harus Kamu Tahu


Duduk kaki menyilang (She)

Duduk bersilang kerap dilakukan oleh orang-orang yang sedang duduk di momen-momen santai. JB’ers mungkin juga sering melakukan hal ini ketika duduk di kursi dalam suasana santai. Namun, hal ini justru banyak dinilai bahaya oleh banyak ahli kesehatan. Posisi duduk bersilang disebut dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti berikut ini.

1. Tekanan darah naik

Ilustrasi tekanan darah tinggi (Pixabay)

Beberapa penelitian mengatakan bahwa jika kamu duduk dalam posisi bersilang dengan waktu yang lama, tekanan darah tubuh akan meningkat. Mereka yang memiliki masalah dalam tekanan darah, dianjurkan untuk menghindari duduk dalam posisi bersilang dengan durasi yang lama.

2. Kelumpuhan saraf

Lumpuh (Okezone)

Posisi duduk bersilang juga disebut dapat menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal. Karena posisi duduk seperti ini dalam jangka waktu lama dapat menekan saraf dan merusaknya, sehingga menyebabkan kelumpuhan saraf tertentu.

3. Mengganggu sirkulasi darah

Sel darah (Pixabay)

Posisi duduk bersilang kaki juga dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Hal ini terjadi karena ketika kamu  meletakkan salah satu kaki di atas kaki yang satunya, dapat memompa jumlah darah yang lebih besar ke dalam jantung. Hal inilah yang dapat menimbulkan dampak negatif pada sirkulasi darah.

4. Ketidakseimbangan panggul

Panggul sakit (Ummi-online)

Posisi duduk bersilang disebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan panggul. Hal ini disebabkan oleh alasan bahwa posisi ini dapat mempengaruhi otot paha bagian dalam dan luar. Posisi duduk yang seperti ini juga dapat membuat sendi kakimu kurang bekerja maksimal.

5. Varises vena

Ilustrasi varises (Okezone)

Menderita varises vena juga menjadi dampak negatif yang kemungkinan dirasakan oleh orang-orang yang duduk bersilang. Posisi duduk ini dapat menyebabkan radang pada kaki dan bisa memampetkan pembuluh darah.

Itulah 5 bahaya yang mengintai kamu jika sering duduk bersilang kaki. Kurangi kebiasaan duduk bersilang mulai dari sekarang sehingga bahaya di atas tak akan kamu temui dalam kehidupan kamu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak