Wisata Ekstrem ke Tebing Gunung Hawu Bandung yang Bikin Kamu Gelantungan Layaknya Spiderman


Hammock di Tebing Gunung Hawu (@charliesantz)

Bagi penyuka film Spiderman, tentunya kamu pernah membayangkan dirimu yang bisa melayang dan bergelantungan di atas ketinggian seperti Peter Parker. Tenang saja JB’ers, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Kamu bisa saja kok menjadi Spiderman dan bergelantungan sesuka hatimu karena sekarang ada tempat wisata yang bisa memuaskan keinginan kamu tersebut. Tempat wisata ekstem ini berada di Bandung Barat, tepatnya di Gunung Hawu, Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang.

Hammock di Tebing Gunung Hawu (@dian lisnawaty_hmy)

Gunung Hawu sebenarnya adalah perbukitan yang terbentuk dari bebatuan karst. Hal ini membuktikan dugaan banyak orang kalau kawasan Bandung Barat merupakan sebuah danau yang kini sudah mengering. Kenapa dikatakan demikian? Karena batu karst bukanlah sembarang batu yang bisa kamu jumpai di manapun karena batu karst hanya bisa dijumpai di dalam perairan saja. Bebatuan yang membentuk gunung ini lambat laun mulai terkikis karena warga di sekitarnya menambang batu di sini. Tapi sekarang kawasan ini sudah dilindungi oleh para pecinta alam bernama Suku Badot yang bertugas melindungi Gunung Hawu agar tetap terjaga kelestariannya.

Wisata Ekstrem di Gunung Hawu (@nextripid)

Awalnya Gunung Hawu bukanlah tempat wisata, tapi merupakan tempat yang digunakan untuk berlatih panjat tebing bagi komunitas-komunitas pecinta alam. Namun sekarang, tempat ini tak hanya dipenuhi komunitas pecinta alam, melainkan para wisatawan yang datang untuk mencoba aneka wahana ekstrem yang bisa memacu adrenalin. Salah satu wahana yang paling menarik adalah bersantai di atas hammock yang digantung di antara dua tebing. Hammocking ini sangat popular dan sering dijadikan sebagai spot untuk berselfie untuk diupload di sosial media.

Wisata Ekstrem di Gunung Hawu (@fujikumis)

Bosan bersantai di hammock, kamu bisa mencoba panjat tebing alias climbing dan high line yang membuat kamu bisa menjadi spiderman karena sesuai dengan namanya, high line ini hanya menggunakan tali yang disambungkan dari ujung tebing ke tebing yang lainnya dan kamu harus menyebrang serta bergelantungan dengan tali tersebut. Tentunya untuk menikmati semua wahana-wahana ini, kamu membutuhkan keberanian, mental yang kuat, serta keahlian memanjat karena kegiatan ini dilakukan di atas ketinggian sekitar 50 meter dari atas permukaan tanah. Tapi tenang saja JB’ers karena semua peralatan yang digunakan ini aman dan sudah memalui uji keselamatan. Rata-rata wahana yang ditawarkan membutuhkan biaya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Wisata Ekstrem di Gunung Hawu (@kmpaganeshaitb)

Selain mencoba wahana-wahana tersebut, kamu juga bisa kemping loh di sini. Tebing Gunung Hawu memang menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbit, jadi tak heran jika ada beberapa wisatawan yang mendirikan kemah sambil menunggu datangnya matahari terbit. Dari atas ketinggian di tebing Gunung Hawu, kamu bisa melihat pemandangan hijau seperti sawah dan hutan di sekitarnya yang membuat suasana hati jadi lebih adem dan pikiran jadi lebih tentram. Banyak yang mengatakan kalau puncak tebing Gunung Hawu ini terlihat mirip dengan Natural Bridge di Virginia.

Wisata Ekstrem di Gunung Hawu (@mas.bewok89)

Bagaimana JB’ers, apakah kamu tertarik untuk mencoba datang ke tebing Gunung Hawu dan mencoba sendiri beragam wahana wisata yang bisa membuat jantung kamu berdebar kencang. Kalau tertarik, segera agendakan wisata kamu berikutnya ke sini ya! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak