Don't be Captious

Jernihkan Pikiran ke Curug Melela Bandung yang Dijuluki Niagaranya Indonesia

Curug Malela Bandung (indonesia.tripcanvas.co)

Bukan tanpa alasan kalau negara Indonesia selalu menjadi incaran wisatawan yang ingin berwisata alam. Saking banyaknya tempat-tempat wisata alam yang ada di Indonesia, kamu bahkan tak akan bisa menghitung ada berapa jumlahnya, mulai dari pantai, danau, hutan, gunung, tebing, hingga air terjun. Salah satu tempat wisata alam yang bisa menyegarkan pikiran kamu adalah Curug Malela yang berlokasi di Desa Cicadas, Bandung – Jawa Barat. Curug Malela merupakan air terjun yang dijuluki sebagai air terjun Niagaranya Bandung.

Curug Malela Bandung (@hens4m)

Kenapa dijuluki sebagai air terjun Niagara? Jika kamu perhatikan, air terjun di Curug Malela ini memang terbilang sangat mirip dengan air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat, meski bentuknya yang lebih mini alias tidak sebesar air terjun Niagara. Curug Malela tidak seperti air terjun kebanyakan di Indonesia karena Curug Malela memiliki banyak anak air terjun yang berderet dan bertingkat. Inilah yang membuatnya mendapatkan julukan sebagai Niagara mini yang ada di Bandung.

Air Terjun Curug Malela Bandung (@wisatabandungbarat)

Curug Malela memiliki bentuk yang melebar sekitar 50 meter dengan ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter. Curug Malela memiliki aliran air dari hulu sungai yang berasal dari lereng sebelah utara Gunung Kendeng yang terys mengalir membentuk jaringan ke beberapa sungai yakni Sungai Cidadap dan Cisokan. Curug Malela berada di tingkatan paling atas atau letak yang teratas sementara di bagian bawahnya ada air terjun lainnya seperti Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan Curug Pamengpeuk. Jadi kalau kamu datang ke Curug Malela, sudah pasti kamu akan menjelajahi enam curug lainnya karena kamu akan melewatinya.

Curug Malela Bandung (@regitanov25)

Arus air yang mengalir di Curug Malela ini sangat deras sehingga ketika air memercik jatuh ke bagian bawah, maka kamu bisa melihat ada semacam kabut atau embun air yang akan terhempas angin. Jika kabut sejuk ini menerpa tubuh serta wajah kamu, akan ada rasa sejuk, segar, serta dingin yang bisa menembus tulang. Apalagi jika kamu benar-benar berdiri dekat dengan air terjun, maka dalam hitungan detik baju kamu akan langsung basah seperti baru saja mandi. Sebelum sampai ke Curug Malela, kamu bisa menikmati pemandangan indah air terjun ini dari gardu pandang yang telah disediakan.

Air Terjun Curug Malela Bandung (@harley_adisaputra_)

Untuk rute perjalanannya, kamu bisa datang dari arah kota Bandung menuju Cimahi, lalu ke arah Cicilin dan lanjutkan ke arah Bunijaya. Jika kamu naik mobil, maka kamu harus berganti kendaraan dengan menggunakan ojek karena jalanan terjal yang akan kamu lalui setelahnya tidak bisa dilalui mobil. Ditambah lagi jalanannya belum diaspal sehingga akan sedikit menyulitkan perjalanan kamu. Kira-kira waktu perjalanan yang akan kamu tempuh sekitar kurang lebih 4 jam. Setelah sampai di pos Curug Malela, kamu harus mendaki jalanan yang cukup terjal dan agak berlumpur. Meski demikian, hasil yang akan kamu dapat sangat sebanding dengan perjuangan kamu menuju Curug Malela.

Air Terjun Curug Malela Bandung (@scahyo920)

Untuk dapat menikmati suasana di Curug Malela, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 saja per orang. Sedangkan untuk parkir hanya dikenakan biaya Rp 5.000. Disarankan untuk menghindari datang saat sedang hujan karena air terjun di sini warnanya tidak akan jernih alias agak kecoklatan sehingga tidak terlihat indah. Deras arus juga jadi lebih deras serta bebatuan di sekitarnya juga licin sehingga kamu tak akan bisa berpose dengan kece di bawah atau di dekat air terjun. Jadi, pilihlah waktu di saat sedang tidak terjadi hujan agar kamu bisa merasakan suasana Curug Malela secara maksimal. Selamat berlibur ya JB’ers! (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...