Nggak Selalu Merugikan, Ini 5 Lemak yang Bermanfaat untuk Kesehatan


Daging salmon (Pxhere)

Selama ini banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Tidak hanya untuk yang diet, namun yang sedang nggak diet pun menghindarinya karena dianggap bisa memicu berbagai penyakit. Faktanya, nggak semua lemak itu merugikan kesehatan tubuh kita. Ada juga lemak yang justru bermanfaat untuk kesehatan. Lemak apa saja itu? Berikut kelimanya.

1. Lemak ikan

Daging ikan salmon (Pxhere)

Lemak dalam ikan sering disebut dengan lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega 3. Lemak sehat ini bisa ditemukan pada ikan salmon, namun juga terdapat pada ikan laut lainnya. Lemak yang sehat ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan menurunkan risiko nyeri pada sendi.

2. Lemak pada kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Pxhere)

Kacang mengandung lemak nabati. Konsumsi kacang secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan menurunkan resiko diabetes tipe 2. Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan adalah almond, mede, hazelnut, kacang tanah, pistachio, macadamia, kenari, dan lain-lain.

3. Lemak susu

Susu (Pixabay)

Dalam jumlah yang tepat, lemak dalam susu nggak akan memberikan bahaya pada tubuh. Mengkonsumsi susu rutin dengan jumlah yang pas akan meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat. Terlepas dari lemak, mengkonsumsi susu juga bisa menjadikan tulang kamu lebih kuat.

4. Minyak nabati

Minyak zaitun (Pixabay)

Minyak zaitun dan minyak sawit mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Namun jangan gunakan minyak yang sama untuk menggoreng berkali-kali, karena bisa jadi minyak itu sudah nggak sebaik saat pertama dipakai untuk menggoreng, dan malah mendatangkan penyakit.

5. Lemak pada daging merah dan daging unggas

Daging ayam (Pixabay)

Daging merah (sapi, kambing, dll) atau unggas (ayam, bebek, burung dara, dll) biasanya dianggap berbahaya untuk kesehatan. Namun semua itu tergantung bagaimana mengolahnya. Daging ayam tanpa kulit atau sapi tanpa lemak adalah jenis daging yang sehat, apalagi jika prosesnya nggak dibakar atau digoreng. Zat besi dan lemak sehat dalam daging merah dan daging unggas baik untuk kesehatan jantung dan dapat menjaga tekanan darah.

Itulah tadi lemak yang sehat, dan aman untuk kamu konsumsi. Dengan demikian, kamu tak perlu lagi ragu-ragu untuk mengkonsumsi lemak, karena tak semuanya merugikan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak