Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari Agar Smartphone Nggak Mudah Rusak


Smartphone rusak (Pixabay)

Kapan terakhir kamu mengganti ponselmu dan apa alasannya? Pasti sebagian besar dari kamu mengganti ponsel karena ada fungsi ponsel tersebut yang nggak berfungsi akibat kerusakan kan? Sebagian lainnya mungkin mengganti ponselnya karena sudah bosan.

Awet atau tidaknya smartphone seseorang memang sangat dipengaruhi oleh cara mereka merawatnya. Ada yang memang merawatnya dengan baik, dan ada juga yang memang sembarangan dalam menggunakannya, sehingga belum lama punya, smartphonenya sudah rusak. Nah, buat kamu yang ingin smartphone kamu awet dan nggak mudah rusak, sebaiknya hindari 5 hal ini.

1. Nggak pakai anti gores

Smartphone pakai screen guard (Flickr)

Banyak orang yang berpikiran jika  layar mereka sudah menggunakan fitur Gorilla Glass jadi nggak perlu lagi memasang anti gores. Padahal, Gorilla Glass hanya dapat menahan goresan pada layar smartphone, sehingga tetap saja dapat pecah jika terjatuh. Sedangkan dengan memasang anti-gores, kamu dapat meminimalisir pecahnya layar ketika terjatuh, terlebih lagi anti-gores yang Tempered Glass.

2. Pakai smartphone sambil isi baterai

Ilustrasi pakai smartphone saat charge (Pxhere)

Sangat nggak disarankan mengoperasikan smartphone dalam kondisi sedang dicharge. Pada saat pengisian, ponsel mengalami kenaikan temperatur dan mengoperasikannya saat sedang masa pengisian akan meningkatkan temperatur smartphone. Jika smartphone terlalu panas maka smartphone seketika akan mengalami hang, yang bisa jadi nantinya menyebar sampai smartphone kamu mati total. Masih soal baterai, ada baiknya juga kamu jangan terlalu sering isi ulang baterai. Banyak yang menganggap bahwa baterai penuh itu lebih baik, sehingga kamu akan sering mengisi baterai meskipun baterai smartphonemu masih banyak. Hal ini malah akan merusak komponen baterai kamu.

3. Menyimpan smartphone satu tempat dengan barang lain

Ilustrasi tas smartphone (Flickr)

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menyimpan smartphone bersama dengan barang lain. Beberapa orang biasanya nggak sadar menyimpan smartphone di kantong yang sudah ada kunci atau menyimpan smartphone di dalam tas bersama dengan charger smartphone tersebut. Dengan adanya benda-benda keras tersebut di tempat yang sama dengan smartphone, maka akan terjadi gesekan dengan layar smartphone. Selain goresan, layar smartphone bisa juga mengalami benturan dengan benda-benda tersebut, yang berakibat layarnya retak atau pecah.

4. Meletakkan smartphone di pinggir meja

Smartphone di pinggir meja (Pixabay)

Meletakkan smartphone di atas meja memang nggak ada salahnya. Yang salah adalah ketika kita menaruhnya di bagian pinggir meja. Meski nggak ada yang bermaksud atau sengaja menjatuhkan smartphone kita, risiko smartphone untuk terjatuh sangat besar. Goncangan atau sekedar gerakan kecil pada meja sangat mungkin membuat smartphone terjatuh, yang bisa membuat smartphone kamu rusak. Jangan sampai kamu menyesal.

5. Mengoperasikan smartphone di bawah sinar matahari

Ilustrasi smartphone terpapar sinar matahari (Liputan6)

Menggunakan smartphone langsung di bawah sinar matahari bukan hal yang baik. Selain smartphone akan cepat panas, layar smartphone akan terpapar sinar ultraviolet terlalu lama dan membuat layar smartphone tersebut terdapat bercak-bercak yang akan mengganggu kamu dalam mengoperasikan smartphone milikmu itu nantinya.

Itulah 5 hal yang harus kamu hindari agar smartphone kamu nggak mengalami yang namanya rusak. Perlu diingat juga, gunakan smartphone pada tempat dan waktu yang tepat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak