Don't be Captious

Kurang Tidur? Begini 5 Cara Ampuh Agar Kamu Semangat Jalani Aktivitas

Tidur (Pixabay)

Ada berbagai alasan yang bisa membuatmu sampai kurang tidur, mulai dari kerjaan yang menumpuk bagi yang sudah bekerja, atau sibuk belajar untuk ujian bagi yang masih sekolah. Yang namanya kurang tidur, pastinya kurang semangat dalam menjalani aktivitas karena mata terasa berat. Buat kamu yang kurang tidur, berikut ini adalah 5 cara agar kamu tetap bisa semangat menjalani aktivitas.

1. Sarapan dengan telur dan saus pedas

Telur dengan saus pedas (Flickr)

Jika kurang tidur, kamu bisa coba sarapan dengan menu telur dan saus pedas. Kandungan protein dalam telur bisa memberikan energi tambahan dan juga mampu membantu pemulihan stamina karena waktu istirahat yang kurang. Nah, sausnya sendiri berfungsi sebagai pengganggu sinyal “kantuk”. Tapi ingat, jangan banyak-banyak makannya jika nggak ingin ada masalah dengan perutmu.

2. Matikan smartphone

Smartphone (Pixabay)

Matikan smartphone-mu untuk sementara waktu. Karena apabila sedang terburu-buru, smartphone milikmu dapat menjadi sumber masalah dalam menjalani aktivitas di pagi hari, terlebih lagi untuk orang yang kurang tidur, kadar stres akan membuat harimu akan semakin berantakan. Oleh karena itu, usahakan untuk ‘berpuasa’ dari dunia maya dalam beberapa jam ke depan.

3. Lakukan pemanasan dan olahraga ringan

Yoga (Wikimedia)

Biasanya orang yang kurang tidur akan merasa badannya letih dan pegal. Oleh karena itu, pemanasan dan olahraga sangat dianjurkan untuk membangkitkan aura semangat dalam tubuh. Agar tubuh menjadi tidak lesu, usahakan minimal melakukan olahraga ringan, seperti yoga. Selain memberikan semangat, melakukan yoga juga dapat menetralkan pikiran dan menstabilkan emosi.

4. Hindari minuman berkafein

Kopi (Pixabay)

Memang, minuman berkafein seperti kopi bisa membuat rasa kantukmu hilang, dan sudah banyak yang membuktikannya. Namun, ternyata minuman kopi itu hanya bisa menghilangkan rasa kantuk untuk sementara saja. Jika efeknya hilang, tubuh malah akan semakin lemas dan lesu. Lebih baik, hindari minuman berkafein dan beralih ke makanan kaya nutrisi rendah gula.

5. Hirup udara segar

Ilustrasi udara segar (Pxhere)

Jika tidur terlalu malam, usahakan untuk bangun seperti biasa. Walaupun terasa capek, kamu bisa keluar rumah dan menghirup udara segar. Hal tersebut ternyata cukup ampuh untuk mengembalikan mood yang kacau akibat jadwal istirahat yang berantakan. Selain udara segar, pancaran sinar matahari pagi juga sangat baik untuk meningkat serotonin atau hormon pemberi rasa bahagia yang membuat tubuh menjadi lebih semangat.

Itulah 5 cara agar kamu bisa tetap semangat menjalani aktivitas meskipun kurang tidur. Terus semangat ya JB’ers! (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...