Don't be Captious

Tanpa Modal, 5 Bisnis Online Ini Terbukti Menghasilkan, Yuk Dicoba!

Ilustrasi bisnis online (Pixabay)

Mungkin kamu menganggap yang namanya bisnis selalu membutuhkan modal. Padahal, ada juga bisnis yang nggak membutuhkan modal, yaitu bisnis online. Beberapa dari bisnis online tanpa modal ini sudah ada selama beberapa tahun, dan terbukti menghasilkan. Apa saja bisnis onlinenya?

1. Isi survey online

Ilustrasi survey online (Pixabay)

Zaman sekarang ini, segalanya bisa dijadikan lahan penghasilan, termasuk pendapat kamu. Kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan memberikan pendapat kamu tentang sebuah produk, jasa, atau website dari sebuah perusahaan. Ada sejumlah penyelenggara survei online terpercaya dan terbukti membayar yang bisa kamu ikuti. Caranya juga cukup mudah, yaitu pertama mendaftarkan diri ke pihak penyelenggara survey, lalu kamu pun bisa langsung mengisi survei yang tersedia untuk kamu.

2. PTC (Paid To Click)

Ilustrasi bisnis online (Pxhere)

Bisnis ini hanya menuntut kamu untuk mengklik iklan yang muncul dan kamu pun langsung bisa mendapatkan gaji. Ada banyak program PTC di internet yang bisa kamu ikuti. Namun kamu tetap harus hati-hati, karena biasanya banyak program PTC yang hoax atau nggak membayar, jadi bijaklah dalam memilih program PTC. Perlu dicatat bahwa program PTC ini sungguh sangat membuang waktu dan tenaga serta hanya memberikan bayaran yang sangat sedikit. Satu-satunya cara untuk mendulang ribuan dollar dari situs PTC ini adalah dengan mempunyai banyak referral aktif di bawah kamu.

3. PPC (Pay Per Click)

Google AdSense (Wikimedia)

 

PPC atau pay per click merupakan program yang memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan hanya dari klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung website kamu. Jadi, kamu yang ingin mengikuti program ini harus mempunyai website atau blog terlebih dahulu. PPC yang paling populer adalah Google Adsense. Kamu bisa menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah dari Google Adsense jika kamu benar-benar serius mengelola website kamu.

4. Bisnis Afiliasi

Ilustrasi bisnis afiliasi (Flickr)

Berbeda dengan PPC, untuk bisa menjalankan bisnis afiliasi ini kamu nggak perlu memiliki website atau blog. Dengan memiliki media sosial saja, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. Kamu cukup menaruh link afiliasi di medsos kamu tersebut. Bisnis afiliasi merupakan bisnis online dimana kamu bisa mendapatkan komisi dari setiap hasil penjualan sebuah produk yang laku dibeli melalui link afiliasi kamu. Beberapa penyelenggara program bisnis afiliasi di Indonesia adalah Bukalapak, Lazada, Zalora, dan lain-lain.

5. Dropshipping

Skema dropship (Anekabajubali)

Bisnis online yang satu ini hampir mirip dengan bisnis afiliasi di atas. Jika pada bisnis afiliasi kamu hanya bisa mempromosikan produk orang lain, maka pada dropshipping kamu bisa menjual produk sendiri tanpa harus memiliki stok barang tersebut. Sebagai contoh kamu bisa saja menjual produk jam tangan kepada calon konsumen meski kamu tidak memiliki stoknya. Nah, ketika ada order jam tangan pembeli, maka kamu tinggal meneruskan orderan pembeli tadi beserta alamat ke produsen jam tangan yang menjadi mitra kamu. Setelah itu, si produsen akan memproses dan mengirimkan barang pesanan tersebut ke alamat si pembeli dengan menggunakan brand atau logo toko online kamu.

Mudah bukan untuk bisnis online? Namun perlu diingat, bisnis online membutuhkan kesabaran dan usaha yang luar biasa serta nggak semudah yang dibayangkan. Jika kamu tekun, maka penghasilan yang kamu dapatkan juga semakin banyak. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...