Don't be Captious

Buat yang Mau Nikah, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tanggal Pernikahan

Nikah (Pixabay)

Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, akan banyak persiapan yang sudah menanti. Salah satu persiapan yang cukup memakan waktu yaitu menentukan tanggal pernikahan. Jika salah memilih tanggal, kamu bisa rugi juga karena tamu yang datang sedikit atau ada pihak keluarga yang nggak bisa menghadiri. Jika kamu nggak mau itu terjadi, sebaiknya perhatikan 5 hal dalam menentukan tanggal pernikahan berikut ini.

1. Beri jeda antara persiapan pernikahan dengan hari H pernikahan

Ilustrasi tanggal nikah (Pixabay)

Karena hari pernikahan membutuhkan persiapan yang matang, kamu nggak harus terburu-buru menentukan tanggalnya. Beragam persiapan yang kalian lakukan pasti menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi persiapan tersebut kalian lakukan disela-sela pekerjaan yang menumpuk. Oleh karena itu, kalian butuh jeda yang baik agar waktu untuk relaksasi menjelang pernikahan mencukupi. Minimal jeda antara persiapan pernikahan dengan hari H pernikahan adalah sebulan, dengan demikian kamu dan pasangan kamu bisa sama-sama tampil fresh saat pernikahan nanti.

2. Perhatikan cuaca

Ilustrasi nikah (Pixabay)

Dalam menentukan tanggal pernikahan, yang perlu kamu perhatikan yaitu cuaca. Hindari bulan-bulan musim hujan agar pernikahanmu lancar, terutama bagi yang mau nikah dengan konsep outdoor. Saat musim hujan, para tamu akan berpikir 2 kali untuk menghadiri pernikahanmu. Yang ada nanti pernikahanmu malah sepi, padahal kamu sudah keluar biaya banyak untuk membuat undangan dan menyewa venue resepsi nikah kamu.

3. Pilih bulan sepi pernikahan

Ilustrasi nikah (Pixabay)

Biasanya bulan-bulan yang banyak orang menikah adalah saat menjelang dan setelah hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Kedua waktu-waktu tersebut dinilai merupakan bulan baik yang penuh berkah. Memang nggak ada salahnya jika kamu ingin menikah pada saat momen kedua hari raya tersebut, namun biasanya kamu jadi rebutan vendor dan gedung. Yang seperti ini secara nggak langsung akan membuat kamu pusing juga karena harus mencari-cari lagi vendor dan gedung lainnya. Jadi, pilih bulan sepi pernikahan, supaya kamu nggak rebutan vendor dan gedung. Selain itu, menikah saat bulan sepi pernikahan juga bisa menghemat budget nikah kamu, karena saat bulan-bulan ramai, biasanya para vendor dan gedung menaikkan tarif.

4. Pilih tanggal spesial

Ilustrasi nikah (Pixabay)

Pemilihan tanggal spesial bisa menjadi salah satu pilihan agar hari bahagiamu berkesan. Kamu dan dirinya bisa memilih tanggal ulang tahun salah satu dari kalian atau tanggal jadian kalian. Bisa juga tanggal tunangan atau tanggal-tanggal “cantik” yang biasanya ada setiap tahunnya.

5. Pastikan tanggal nikah kerabatmu

Ilustrasi nikah massal (Tribunnews)

Hal satu ini perlu kamu lakukan juga karena saat tanggal pernikahanmu ternyata bertabrakan dengan kerabat yang lain, maka akan berpengaruh terhadap kehadiran para tamu. Bisa aja mereka jadi memilih datang ke salah satu pernikahan saja atau nggak sempat karena lokasi undangan yang berjauhan. Tentu hal ini akan menghabiskan waktu di jalan, sehingga nantinya mereka jadi nggak datang ke pernikahan kamu.

Karena hari pernikahan itu sangat penting dan merupakan salah satu momen penting, makanya jangan sampai salah menentukan tanggal ya. Kamu dan pasangan harus memikirkan dengan baik-baik dan perlu membicarakannya dengan keluarga juga. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...