Konmari, Metode Menata Kamar Sempit Ala Jepang, Pas Buat Anak Kost


Kamar kos (Zulwiyozaputra)

Kamu anak kost? Biasanya, kamar kost yang kamu tempati itu berukuran sempit, apalagi jika kamu jarang merapikan barang-barang kamu, tentu membuat kamar kamu jadi sumpek. Buat kamu yang ingin merapikan kamar kamu sehingga terlihat rapi, bisa memakai metode Konmari, yaitu menata kamar sempit ala Jepang. Metode ini sendiri diciptakan oleh seorang wanita bernama Marie Kondo, sehingga metodenya adalah singkatan dari namanya. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Jual barang yang nggak diperlukan

Ilustrasi garage sale (Flick)

Cara paling efektif dalam menata kamar agar nggak penuh adalah dengan menjual barang-barang yang nggak kamu perlukan. Masalahnya, sebagian besar dari kita masih menganggap semua barang kita itu masih diperlukan dan sayang untuk dibuang. Untuk mengetes apakah barang yang kamu miliki itu layak dibuang atau nggak, cukup pegang barang kamu itu. Bila kamu merasa bahagia saat memegangnya, maka barang itu punya arti buat kamu dan harus kamu simpan, namun jika kamu nggak merasakan apa-apa, maka barang itu sudah nggak kamu perlukan lagi.

2. Pilah barang berdasarkan kategori

Ilustrasi sortir barang (Pixabay)

Metode Konmari menuntun kita untuk menyortir barang berdasarkan kategorinya, yaitu kategori pakaian, buku, kertas, barang-barang lainnya, dan barang sentimentil. Barang sentimentil ini maksudnya adalah barang yang punya arti bagimu, seperti ijazah, piala yang kamu dapatkan, atau buku diary. Supaya lebih maksimal, lebih baik pilah tiap kategorinya tiap minggu. Misalnya minggu ini berbenah pakaian, maka kumpulkan semua pakaian yang ada di rumah, lalu sortir satu persatu. Minggu depan kita jadwalkan untuk berbenah buku. Begitu seterusnya.

3. Setelah memilah barangnya, simpan dengan rapi sesuai kategorinya

Ilustrasi barang sesuai kategori (Pixabay)

Jika disimpan sesuai kategori, maka barang akan mudah ditemukan dan diambil saat kita memerlukannya. Setelah menggunakannya pun, jangan lupa dikembalikan ke tempat semula. Dengan begini, selain memudahkan, kamu juga bisa gampang ingat kamu meletakkan barangnya di mana. Jangan sampai barangnya menumpuk dan malah menyulitkan serta membuat kamar kamu jadi kotor dan sumpek.

4. Melipat pakaian secara vertikal dan atur sesuai warnanya

Lipat baju secara vertikal (Poloskaos)

Melipat pakaian secara vertikal dan diatur sesuai warna bukan hanya memudahkan kamu saat ingin menggunakan pakaiannya, namun juga berguna untuk menghemat tempat atau lemari pakaian kamu, sehingga lemari kamu itu bisa memuat baju lebih banyak jika dibandingkan dengan cara biasanya. Pakaiannya juga nggak bakal berantakan saat kamu mengambilnya.

5. Memakai kardus bekas untuk menyimpan makanan

Kardus bekas (Bsdbox)

Nggak punya lemar atau laci pakaian? Kamu bisa menggunakan kardus bekas untuk menyimpan pakaian kamu. Tentunya kardus bekas yang kamu pilih itu harus dibersihkan dulu, biar pakaian kamu nggak ikut kotor. Memakai kardus bekas juga bisa menghemat tempat, sehingga kamar kost kamu terlihat lebih luas dan nggak sumpek.

Nah, itu dia tips berbenah kamar dengan metode Konmari. Selamat mencoba! (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak