Jangan Cuma Buat Main Game, Kamu Juga Bisa Pakai Smartphone untuk Belajar Matematika Lewat 5 Aplikasi Ini

Matematika (Freegreatpicture)

Bagi pelajar, Matematika terkadang menjadi tantangan paling besar dalam mengikuti pembelajaran, apalagi saat ulangan atau ujian diadakan. Karena itu, berbagai cara dilakukan agar bisa menyelesaikan soal Matematika, termasuk mengikuti les khusus atau bimbel alias bimbingan belajar. Namun, nggak semua orang betah mengikuti bimbel apalagi jika hal tersebut dirasa begitu menyita waktu. Tapi jangan khawatir, kamu nggak perlu ikut bimbel, kamu cukup siapkan smartphone Android dan install aplikasi belajar Matematika Android berikut ini.

1. Trik Matematika

Aplikasi Trik Matematika (Google Play)

Hanya dalam satu aplikasi belajar matematika ini, kamu akan mendapatkan berbagai trik Matematika mulai dari penjumlahan dasar hingga penguadratan. Math Tricks akan membantu kamu belajar Matematika dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Ada sekitar 24 trik yang dijabarkan dengan sangat detail dan mudah dipahami.

2. Math Expert

Aplikasi Math Expert (Techinasia)

Aplikasi ini memberikan kamu berbagai rumus Matematika termasuk juga Fisika yang sangat berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas dan berlatih menjawab soal. Bukan sekadar memberikan rumus, Math Expert juga dapat menghitung rumus dan memungkinkan kamu menuliskan soal yang akan coba diperhitungkan oleh aplikasi ini.

3. Malmath

Aplikasi Malmath (Techinasia)

Malmath adalah pemecah masalah yang sangat ampuh untuk kamu yang kesulitan memahami pelajaran Matematika. Aplikasi belajar matematika di Android ini ini bekerja secara offline untuk memecahkan masalah seperti integral, derivatif, trigonometri, limits, logaritma, persamaan hingga aljabar. Belajar Matematika menjadi lebih mudah dengan Malmath.

4. Photo Math

Aplikasi Photo Math (Okezone)

Photo Math adalah cara paling praktis untuk menjawab soal Matematika. Tidak perlu ribet, kamu tinggal membuka aplikasi ini dan mengarahkan kamera ponsel pada soal matematika yang ada di buku. Jika soal terdeteksi, maka jawaban dari soal tersebut akan segera kamu dapatkan. Dengan Photo Math kamu bisa menjawab soal aritmetika, bilangan bulat, pecahan, angka desimal, akar, aljabar, persamaan/pertidaksamaan linear, kuadrat, nilai mutlak, sistem persamaan, logaritma, trigonometri, logaritma, eksponen, turunan, dan integral.

5. Freaking Math

Aplikasi Freaking Math (Apk-dl)

Aplikasi ini berbentuk seperti permainan yang akan melatih ketangkasan otak kamu dalam menjawab soal Matematika. Freaking Math bisa kamu gunakan untuk berlatih menjawab pertanyaan Matematika mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Berbagai soal akan muncul di layar dan kamu tidak punya banyak waktu untuk memilih jawaban yang tepat. Aplikasi ini sangat cocok melatih otak dan mengecek seberapa bisa kamu menjawab soal Matematika.

Itulah 5 aplikasi belajar matematika Android yang bisa kamu coba. Gunakanlah aplikasi-aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran, tapi jangan sampai kamu nekat menggunakannya saat ulangan atau ujian. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Cantiknya Peserta Audisi Indonesia Idol Ini Bikin Juri Melongo

Nggak Harus Kaya, Kamu Bisa Pikat Cewek Idaman Kamu dengan 5 Cara Ini