BAGIKAN
Karimun Jawa (Instagram)

Mengunjungi Karimun Jawa memang cukup sulit karena lokasinya berada cukup jauh dari kota. Kota besar terdekat Karimun Jawa adalah kota Semarang, dan dari Semarang, kamu masih harus menempuh perjalan lumayan jauh menuju Jepara, dan perlu melanjutnya perjalanan dengan kapal ke sana. Namun, di Karimun Jawa ini memiliki berbagai destinasi wisata menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Contohnya adalah 5 destinasi wisata ini.

1. Tanjung Gelam

Tanjung Gelam (Instagram)

Pantai Tanjung Gelam terletak di tanjung atau ujung barat Pulau Karimun Jawa atau di bagian barat daya Pantai Batu Topeng. Lokasinya menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. Inilah yang menjadi daya tarik dari pantai ini yaitu menanti senja dimana matahari perlahan-lahan mulai hilang di tengah lautan. Pantai ini merupakan sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut dan masih berada dalam satu gugusan dengan Pulau Karimun Jawa. Daratan yang memiliki pasir putih cantik menjadi tempat yang nyaman untuk bermain di sekitar pantai. Air lautnya yang berwarna hijau kebiruan membuat tak sabar untuk menikmati segarnya air laut.

2. Bukit Love

Bukit Love (Instagram)

Bukit Love adalah lokasi yang wajib kamu kunjungi saat track darat. Bukit iniĀ  dapet ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 20 menit dari alun-alun Karimun Jawa. Sesuai dengan namanya, bukit ini memang bisa banget bikin pengunjungnya jatuh cinta dengan lokasi itu. Dari sana, pemandangan laut-laut Karimun Jawa yang berpasir putih, dengan air biru, dan langit yang warnanya serupa akan menjadi primadona. Ada juga ikon tulisan Karimun Jawa yang menghadap ke arah laut dan cocok banget dijadikan spot berfoto.

3. Pantai Bunga Jabe

Pantai Bunga Jabe (Instagram)

Pantai Bunga Jabe menyajikan keindahan spesial karena memadukan pesona alam, seni, dan budaya. Di sana ada deret pepohonan rimbun yang membentuk kanopi sehingga bisa melindungi para pengunjung dari terik matahari. Masyarakat di sana juga menyediakan karya seni dengan produk sampan, ayunan, rumah panggung, rumah kurcaci. Di lokasi ini, warga pun bersedia beramah tamah. Mereka adalah warga keturunan Bugis yang kini menetap di Karimun Jawa. Mengunjungi daerah ini bisa membuatmu berwisata sekaligus belajar.

4. Bako Lolo

Bako Lolo (Maioloo)

Bako Lolo adalah laguna yang diapit oleh hutan bakau Karimun Jawa. Tempat ini menjadi lokasi yang bisa membuat pengunjung merasa damai dan tenteram sebab tidak ada ombak sama sekali. Untuk menuju Bako Lolo, wisatawan bisa meminta bantuan warga supaya mau mengantar. Bisa juga dengan bertanya informasi kepada pengelola pantai Bunga Jabe karena tempatnya pun tidak terlalu jauh dari pantai Bunga Jabe.

5. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil (Instagram)

Menjangan Kecil adalah salah satu dari lokasi favorit di Karimun Jawa untuk snorkeling, selain Cemara Kecil, Pulau Tengah, dan Pulau Kecil. Kondisi air yang jernih, dengan terumbu karang yang masih terjaga, serta ikan-ikan kecil yang indah bakal membuatmu berlama-lama memandangi bawah laut Pulau Menjangan Kecil. Sebutan lain yang diberikan untuk pulau menjangan kecil adalah Maer. Pulau ini dapat ditempuh dengan perahu motor dari Karimun Jawa. Wisatawan pun bisa bermalam di kawasan ini karena sudah disediakan resor penginapan.

Buat kamu yang ingin berkunjung atau sedang ke Karimun Jawa, jangan lupa untuk mengunjungi lokasi-lokasi di atas ya. (tom)

Apa Komentarmu