Don't be Captious

Para Lulusan SMA, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan

Ilustrasi lulusan kuliah (Quipper)

Setelah sukses lulus SMA, perjuangan belum usai. Pasalnya, setelah lulus, banyak calon mahasiswa yang galau dalam hal memilih jurusan kuliah. Pemilihan jurusan kuliah ini dinilai penting dengan alasan untuk memudahkan dalam hal mencari kerja di sebuah perusahaan, dan ini sekaligus menentukan masa depan kamu. JB’ers nggak usah galau, karena berikut ini jadiBerita berikan 5 jurusan kuliah yang paling dicari perusahaan, sehingga kamu mudah mencari kerja.

1. Desain

Ilustrasi desain (HAI)

Jurusan yang satu ini memang jadi salah satu favorit buat anak kuliah. Maklum, jurusan ini menawarkan beragam keseruan selama kuliah. Sesuai namanya, anak-anak desain akan banyak mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hal berbau desain, mulai dari pakaian sampai soal web. Tentunya, sesuai dengan perkembangan zaman sekarang, segala hal yang berhubungan dengan digital atau web banyak dicari.

2. Statistik

Ilustrasi statistik (HAI)

Suka atau nggak, jurusan yang berhubungan erat dengan hitung-hitungan, alias matematika ternyata jadi salah satu jurusan yang lulusannya bakal banyak dicari perusahaan. Dalam 4 atau 5 tahun mendatang, jurusan dunia digital Indonesia akan semakin kompleks dan akan memiliki putaran data yang sangat besar. Lebih lanjut, menurutnya perusahaan akan membutuhkan seorang analyst big data yang kuat.

3. Industri kreatif

Ilustrasi perfilman (HAI)

Industri kreatif ini banyak wujudnya, mulai dari film, musik, sampai digital. Di kampus-kampus umum misalnya, buat anak-anak yang ambil jurusan Broadcasting, DKV, atau bahkan perfilman, kita sudah punya bekal yang cukup kuat untuk terjut ke dunia film. Mulai dari cara mengoperasikan kamera sampai bikin film pendek, termasuk soal bisnis di dalamnya, itu sudah kita dapatkan. Begitu juga halnya dengan industri musik. Sadar akan besarnya peluang kerja yang menjanjikan dari industri ini, beberapa tahun belakangan nama-nama institusi musik seperti SAE, IMI (Institut Musik Indonesia), dan IMDI (Ikatan Musik Daya Indonesia) jadi beberapa tempat yang dituju teman-teman kita yang ingin konsen di bidang musik.

4. Kedokteran

Ilustrasi kedokteran (HAI)

Dari dulu sampai sekarang, Kedokteran jadi salah satu jurusan mainstream paling banyak dipilih buat meneruskan jenjang pendidikan kita. Alasannya jelas. Jurusan ini dinilai mampu menelurkan lulusan yang punya prospek kerja menjanjikan di masa mendatang. Mulai dari dokter umum, sampai dokter-dokter spesialis kayak mata, gigi, atau bahkan penyakit dalam. Tanpa adanya dokter, nggak bakal ada yang bisa sembuh dari penyakit, apalagi sekarang penyakit makin beragam.

5. Teknik Komputer

Ilustrasi teknik komputer (HAI)

Jurusan ini nggak beda jauh kayak statistik, sebagian besar akan berhubungan dengan logika dan hitunghitungan rumit ala matematika. Tapi, untuk masuk di jurusan ini, kita harus siap-siap mental menghadapi tumpukan tugas yang diberikan. Meski terkesan berat dan ‘sadis’, nyatanya lulusan dari jurusan ini cukup diminati perusahaan, baik itu yang kecil atau besar, apalagi mengingat bahwa sekarang tren perusahaan start up berbasis teknologi dan digital sedang naik daun. Itu artinya, banyak lulusan dari jurusan ini dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah 5 jurusan kuliah yang paling dicari perusahaan. Adakah salah satunya yang menjadi jurusan kuliah incaran kamu? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...