Berkunjung ke 5 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Potensi Alam yang Menakjubkan


Desa Wisata Kalibiru (Instagram)

Berada di sebelah barat Yogyakarta, Kulon Progo termasuk salah satu kabupaten yang memiliki cukup banyak destinasi wisata. Mulai dari pantai hingga air terjun, semuanya dapat kamu temukan di sini. Karena potensi alamnya juga, wilayah ini memiliki beberapa desa wisata yang juga menarik untuk dikunjungi. Apa saja desa wisatanya?

1. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru (Instagram)

Beragam fasilitas dapat kamu nikmati pada desa wisata ini. Mulai camping ground, homestay dengan suasana pedesaan, juga gardu pandang yaang menyuguhkan pemandangan Waduk Sermo. Lokasinya yang berada sekitar 450 mdpl dan dikelilingi perbukitan, membuat suasana di sini begitu sejuk. Jaraknya pun juga nggak terlalu jauh, hanya memakan waktu 1,5 jam dari Kota Yogyakarta jika menggunakan kendaraan bermotor.

2. Desa Wisata Purwosari

Desa Wisata Purwosari (Instagram)

Di sini kamu dapat merasakan adrenalin yang terpacu saat menikmati salah satu wahananya. Namanya adalah ayunan langit watu jaran, sebuah wahana yang menggantung 800 meter di atas tanah. Latar belakang Perbukitan Manoreh, membuat spot ini juga menjadi tujuan para pengunjung yang ingin berfoto dengan suasana berbeda.

3. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo (Instagram)

Desa Wisata Nglinggo memiliki fasilitas yang nggak kalah lengkap. Di sini kamu bisa menemukan pepohonan pinus, kebun teh, gardu pandang, bahkan resort berbentuk bungalow dengan harga yang cukup terjangkau. Selain cuaca sejuk, para pecinta adrenalin dapat menikmati keseruan lain, yaitu membelah Perbukitan Menoreh dengan menggunakan jeep off-road.

4. Desa Wisata Sermo

Desa Wisata Sermo (Instagram)

Tempat ini berada nggak jauh dari Waduk Sermo, sebuah bendungan irigasi yang menampung Sungai Ngrancah. Daya tarik utama yang ditawarkan adalah panorama Waduk Sermo yang semakin memukau ketika senja datang. Selain itu kamu dapat berfoto di Gardu Pandang Taman Munggur yang berdekatan dengan Waduk Sermo.

5. Desa Wisata Dolan Ndeso Boro

Desa Wisata Dolan Ndeso Boro (Instagram)

Jika ingin mencari suasana pedesaan yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, maka desa ini bisa jadi pilihanmu. Di sini, kamu akan diajak untuk merasakan indahnya melestarikan lingkungan, budaya, serta kearifan lokal. Kamu juga bisa rafting alias arung jeram di sini. Yang pertama kamu bisa arung jeram menyusuri Sungai Progo dengan menggunakan perahu karet. Atau jika kamu ingin yang lebih ekstrem, bisa arung jeram menggunakan ban, yang menawarkan sensasi berbeda.

Kamu sedang jenuh dengan suasana kota? Maka kamu bisa mendatangi salah satu dari 5 desa wisata di atas untuk menjernihkan pikiran kamu kembali. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak