Keren, Ada Tokoh Cewek Berhijab Asal Indonesia di Komik Jepang Ini

Adakah di antara kamu yang suka membaca komik Jepang, atau istilahnya manga? Jika iya, mungkin kamu banyak mengenal tokoh-tokoh komik Jepang, seperti Naruto atau Doraemon. Ternyata, tokoh-tokoh komik Jepang itu nggak semuanya berasal dari Jepang, dan ada yang dari Indonesia. Salah satunya adalah komik yang ada di dalam komik bulanan Kiss ini.

Berbeda dengan kebanyakan komik Jepang lainnya, karakter di majalah komik bulanan Kiss edisi terbaru menampilkan karakter Islami seorang cewek berhijab. Bahkan karakter cewek berhijab itu dari Indonesia.

Kabar soal komik Jepang menghadirkan karakter wanita berhijab kali pertama diketahui dari unggahan akun bernama @IwanPalsu di Twitter. “Muslimah Indonesia tampil di komik Jepang,” tulis orang Jepang bernama Taka yang ngefans Iwan Fals itu.

Cewek berhijab di komik Jepang (Twitter)

Akun tersebut menjelaskan bahwa karya komik yang diberi judul “Hari Itu Dunia Berakhir”, mengisahkan seorang siswi berhijab yang bermimpi naik haji sebelum kiamat. Dalam percakapan karakter dalam komik yang telah diterjemahkan akun tersebut diketahui bahwa meteor raksasa akan jatuh ke bumi.

Salah satu karakter laki-laki bertanya hal apa yang harus dilakukan sebelum berakhirnya dunia, dan siswi berhijab yang tinggal di Indonesia itu pun menjawab, ingin naik haji.

Adapun pencipta komik ini adalah dua komikus Jepang, yaitu Tsunami Umino untuk alur cerita dan Shinji Ohara untuk gambar. Sementara pemilik akun mengaku bahwa dirinya baru kali pertama membaca komik Jepang yang menggambarkan siswi berhijab di Indonesia sebagai protagonis dalam karya kedua komikus itu.

Namun yang membuatnya salut adalah keikhlasan Umino dalam berkarya, terutama tentang pengertian agama Islam. Dia menuturkan, dalam blog pribadi Umino menjelaskan bahwa Umino sangat menghargai agama Islam, sehingga untuk menulis cerita komik tersebut, Umino meminta bantuan kepada ahli Islam di Jepang. Hal itu dilakukan supaya dapat menggambarkan ajaran agama Islam yang benar dalam karyanya.

Tweet Taka (Twitter)

“Saya ingin menulis cerita ‘rabukome’ (love comedy) tentang Muslim, karena rasanya kurang seru juga rabukome biasa dan katanya kalau di Indonesia komik shoujo (serial cantik) cukup populer. Supaya nggak menggambarkan hal yang kurang tepat dari segi ajaran Islam, saya berkali-kali menulis ulang naskah komiknya dengan bantuan para ahli,” tulis dia di blog pribadinya.

Menurut @IwanPalsu, bagi kebanyakan komikus Jepang, nggak  mudah untuk mengangkat tema tentang Muslim dalam karyanya. Namun akhir-akhir ini, meski jumlahnya masih sedikit, komikus Jepang mulai berani mengangkat tema mengenai Islam dalam karyanya.

“Salah satunya adalah Umino-sensei seperti yang diperkenalkan di atas. Salut buat Umino-sensei dan juga Ohara-sensei yang menggambar!” tulis @IwanPalsu.

Kira-kira komik “Haitu Itu Dunia Berakhir” bakal terbit di Indonesia nggak ya? Jadi penasaran sama komiknya. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...