Inilah 5 Kota Terkecil di Indonesia, Kamu Tinggal di Salah Satunya?


Kota di Indonesia (Fotojet)

Indonesia memiliki berbagai kota besar, seperti Jakarta sebagai ibukota, Bandung, dan juga Surabaya jika di Pulau Jawa. Selain kota-kota tersebut, ada juga kota lainnya yang berada di pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Di antara kota besar yang ada di Indonesia, ternyata ada juga kota yang terbilang kota terkecil di Indonesia. Kota mana sajakah itu?

1. Mojokerto, Jawa Timur

Alun-alun Mojokerto (Wikipedia)

Mojokerto merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Kota ini berada 50 km dari Surabaya. Mojokerto merupakan kota terkecil di Indonesia. Luas kota ini hanya 16,47 km persegi. Jika dibandingkan dengan kota Bandung, luas kota Mojokerto hanya 10 persennya saja.

2. Magelang, Jawa Tengah

Magelang (Tribunnews)

Magelang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Luas kota Magelang hanya 18,12 km persegi. Meski kecil, Magelang punya banyak tempat wisata yang menarik, seperti misalnya Candi Borobudur, yang namanya sudah mendunia.

3. Padang Panjang, Sumatera Barat

Padang Panjang (Wikipedia)

Di Indonesia, Padang Panjang menjadi kota terkecil ketiga. Luas kota ini sekitar 19,89 km persegi. Jika dibandingkan dengan kota Makassar, luas Padang Panjang hanya 10 persennya. Meski kecil, kota Padang Panjang punya udara yang sejuk dan nyaman. Di kota ini juga ada Perkampungan Minangkabau yang menyediakan informasi seputar budaya Minangkabau.

4. Bukittinggi, Sumatera Barat

Bukittinggi (Wikipedia)

Kota terkecil keempat di Indonesia ini punya luas 25,24 kmĀ  persegi. Dulu pada tanggal 19 Desember 1948, Bukittinggi pernah menjadi Ibukota Indonesia. Nggak hanya itu, kota kecil ini juga pernah menjadi Ibukota provinsi Sumatera Tengah. Sumatera Tengah itu meliputi Sumatra Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Namun, pada tahun 1957an, provinsi ini dipecah menjadi tiga. Semenjak itu, Provinsi Sumatra Tengah pun nggak ada lagi.

5. Sibolga, Sumatera Utara

Pulau Mursala di Sibolga (Tribunnews)

Di Sumatera Utara ada sebuah kota bernama Sibolga. Ini adalah kota terkecil kelima di Indonesia. Luas wilayahnya hanya 27,78 km persegi. Penduduk di kota ini harus menempuh perjalanan kurang lebih 350 km, untuk bisa sampai di kota Medan.

Itulah 5 kota terkecil di Indonesia. Apakah kamu tinggal di salah satu kota di atas? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
93
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak