Terpesona Akan Keindahannya, Kamu Tak Akan Menyangka 5 Danau Indonesia Ini Hanya Buatan

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya yang mampu membuat kamu terpana. Beberapa tahun belakangan, tempat-tempat wisata yang sedang menjadi sorotan adalah wisata alam, mulai dari pegunungan, pantai, bukit, laut, hutan, hingga danau. Ada banyak danau di Indonesia dengan pemandangan yang sanggup bikin kamu merasa seperti sedang berada di surga. Tapi tahukah kamu kalau ternyata danau-danau indah tersebut ada yang tidak terbentuk secara alami alias danau buatan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu seperti untuk membendung sungai, mengendalikan banjir, menyimpan air, irigasi, hingga pembangkit listrik. Meski buatan, tapi keindahannya tak kalah dengan keindahan danau alami. Coba lihat yuk ada danau buatan apa saja ya kira-kira!

1. Danau Kayangan Lembah Sari di Pekanbaru

Danau Kayangan (IG @helvila)

Danau buatan pertama adalah Danau Kayangan Lembah Sari yang ada di Desa Limbungan, Riau, Pekanbaru. Danau ini pernah dijadikan sebagai arena pertandingan sky air pada saat PON XVII tahun 2012 karena termasuk danau yang cukup luas dengan pemandangan asri di sekitarnya. Danau ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Di sini kamu tak hanya bisa memandangi indahnya pemandangan danau, tapi juga melakukan kegiatan wisata lainnya seperti bersepeda air, naik perahu, dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan Danau Kayangan memang sengaja dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa menarik wisatawan.

2. Danau Cisanti di Bandung

Danau Cisanti (IG @mandviman)

Tak ada satupun orang yang menyangka kalau danau indah yang ada di kaki Gunung Wayang ini adalah danau buatan. Danau Cisanti atau yang lebih dikenal dengan nama Situ Cisanti oleh masyarakat sekitar merupakan danau buatan yang menampung air dari tujuh mata air utama Sungai Citarum. Berhubung terletak di bawah gunung, maka kamu bisa merasakan udara yang sangat sejuk dan asri. Jika kamu datang subuh, maka masih ada kabut awan yang menyelimuti sekitaran Danau Cisanti. Di danau yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas yang lengkap mulai dari kamar mandi, musholla, hingga tempat makan karena di sini juga ada area untuk berkemah loh.

3. Danau Selorejo di Malang

Danau Selorejo Malang (IG @agung_sdayu)

Bukan Malang namanya kalau tidak ada tempat wisata wisata yang menarik. Di sini ada sebuah danau yang dikelilingi dengan perbukitan hijau dan gunung yang bisa membuat kamu menghirup udara segar. Ditambah lagi danau ini berada di ketinggian 600 mdpl sehingga udaranya sangat sejuk. Kamu bisa melakukan aneka kegiatan wisata di sini, mulai dari naik perahu hingga berkemah. Tak perlu khawatir karena di sini fasilitasnya sangat lengkap. Danau Selorejo tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, tapi juga dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air untuk Kecamatan Ngantang.

4. Danau Jatiluhur di Purwakarta

Danau Jatiluhur Purwakarta (IG @alvindra.pratama)

Danau seluas 8.300 hektar ini memang dimanfaatkan untuk berbagai macam tempat, mulai dari tempat wisata, budidaya ikan air tawar, hingga pembangkit listrik. Tak heran jika danau yang berada di Kabupaten Purwakarta ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap di sekitar areanya, mulai dari tempat menginap, bungalow, hingga restoran. Tempat ini juga dijadikan sebagai area pelatihan bagi atlet nasional cabang dayung dan dragon boat. Buat kamu yang ingin berwisata ke sini, jangan lupa untuk naik perahu mengitari danau ini ya JB’ers!

5. Danau Batu Tegi di Lampung

Danau Batu Tegi (IG @ningsih_sustya)

Danau buatan yang terakhir adalah Danau Batu Tegi yang terletak hanya 85 km dari pusat kota Bandar Lampung. Danau ini termasuk dalam salah satu danau buatan terbesar di Indonesia. Pembangunanannya pun dilakukan hingga sembilan tahun lamanya. Keunikan dari Danau Batu Tegi adalah adanya pulau-pulau kecil di tengah-tengahnya yang dijadikan sebagai sarana konservasi oleh pemerintah dan pecinta satwa setempat. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Danau Batu Tegi juga dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Dari kelima danau buatan di atas, kira-kira JB’ers terpesona ingin mendatangi yang mana?

(rei)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...