Dari Pemandian Air Panas sampai Penangkaran Rusa Jawa, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Mendengar nama kota Bandung, tempat wisata untuk liburan yang terpikirkan antara lain adalah Gedung Sate, Tangkuban Perahu, atau Trans Studio. Padahal Bandung tak hanya berisi itu-itu saja. Banyak objek wisata di Bandung yang terkenal indah, namun jarang sekali dikunjungi. Contohnya seperti 5 tempat wisata berikut ini.

1. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya (Instagram)

Jika ke The Lodge Maribaya, mungkin orang akan lebih ke ayunan yang berada di ketinggian untuk foto-foto. Berjarak 8 km dari pusat kota Bandung, suasana alam yang masih alami, dipadu dengan pemandangan yang sangat indah akan membuat kamu betah lama-lama di tempat yang memiliki air terjun setinggi 25 meter ini. Kamu juga bisa berendam dengan air panas yang keluar alami dari pusat bumi. Air panas yang mengalir deras ini dipercaya mampu menyembuhkan segala macam penyakit.

2. Kawasan Punclut

Puncak Ciumbuleuit (Instagram)

Nama Kawasan Punclut atau Puncak Ciumbuleuit mungkin kurang begitu dikenal bagi orang luar Bandung. Orang lokal Bandung biasanya menggunakan kawasan ini untuk nongkrong sambil menikmati Kota Bandung dari ketinggian 1.000 meter. Saat malam hari, kamu dapat melihat gemerlapnya Bandung dari atas bukit ini sambil menikmati kuliner lokal yang rasanya menggoyang lidah. Nikmati udara puncak Bandung yang dingin ditemani kuliner nasi merah khas Ciumbuleuit.

3. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali (Instagram)

Terletak di kawasan Ciwidey, kebun teh ini memiliki ketinggian hingga 1.628 meter dari permukaan air laut. Suhu rata-rata di tempat ini berkisar antara 16-26 derajat Celcius. Di kawasan perkebunan teh Rancabali, kamu akan disuguhi hamparan kebun teh yang hijau. Kamu bisa melakukan tea walk atau berjalan melintasi sela-sela pohon teh sembari melihat pekerja memetik daun teh. Terakhir, kamu yang sangat menyukai fotografi, kebun teh ini adalah spot yang tepat untuk mengabadikan banyak momen.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang (Instagram)

Situ Patenggang adalah nama danau yang terletak di kawasan Ciwidey dan lokasinya bersebelahan dengan kebun teh Rancabali. Di kawasan ini kamu bisa menikmati isi danau seluas 48 hektar dengan bersepeda air. Selain itu kapal-kapal juga bisa kamu sewa untuk mengelilingi danau. Danau ini memiliki legenda tentang Ki Santang dan Dewi Rengganis yang saling mencari hingga akhirnya bertemu di batu cinta. Kata Patenggang berasal dari kata Sunda pateangan-pateangan yang memiliki arti saling mencari.

5. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Ranca Upas (Instagram)

Bandung tak hanya menyajikan keunikan dalam dunia fashion dan makanan, tapi juga menyimpan surga tersembunyi di kawasan Ranca Upas. Ranca Upas menyediakan tempat berkemah yang sangat luas. Selain itu, kamu juga bisa melihat penangkaran Rusa Jawa yang mulai punah. Meski di tengah hutan, ternyata tempat ini juga menyimpan kolam renang lengkap dengan papan seluncurnya. Jika kamu bosan dengan suasan kota, kamu bisa menenangkan diri dengan berkemah di sini sambil ditemani bintang-bintang saat malam tiba.

Buat kamu yang sudah sering belanja dan kulineran di Bandung, maka bisa mencoba 5 tempat wisata di atas untuk mengubah suasana. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...