Dari Pulau sampai Pantai Penuh Pesona, Ini 5 Tempat Wisata di Morowali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dikenal sebagai kawasan industri yang sedang berkembang pesat. Meski demikian, kabupaten tersebut nggak semuanya jadi kawasan industri, karena ada beberapa destinasi wisata alam yang penuh pesona yang bisa kamu datangi, seperti misalnya 5 destinasi berikut ini.

1. Pulau Sombori

Pulau Sombori (Instagram)

Pulau Sombori berada di Sulawesi Tengah, namun perjalanan menuju ke sini harus dimulai dari Kota Kendari. Diperlukan dua kali perjalanannya yang pertama dari Kendari menuju Pulau Labengki Kecil kemudian baru dilanjutkan menuju Pulau Sombori. Di tempat ini kamu juga dapat menemukan pulau karang kecil yang disebut dengan atol. Gugusan atol inilah yang menyebabkan Pulau Sombori memiliki pemandangan seperti Raja Ampat.

2. Pulau Labengki

Pantai di Pulau Labengki (Instagram)

Di sini kamu juga dapat menemukan gugusan pulau batu karang yang ada di atas perairan dengan warna biru jernih. Pulau Labengki tergolong destinasi wisata yang belum banyak terjamah wisatawan, karena itu suasananya masih asri. Begitu pula dengan pemandangan bawah air yang nggak kalah indah. Sebagaimana lautan lain di Sulawesi, alam bawah laut di Pulau Labengki termasuk salah satu spot yang harus dijelajahi.

3. Pulau Dua Laut

Pulau Dua Laut (Instagram)

Pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang cukup menakjubkan. Di sini kamu akan disuguhi air jernih berpadu dengan jajaran terumbu karang yang tumbuh subur dan rapi. Karena masih alami dan minim limbah, masih banyak ikan berwarna-warni yang hidup dalam gugusan terumbu karang tersebut. Keindahan ini dapat ditempuh hanya 25 menit dari Kepulauan Sombori dengan menggunakan jalur laut.

4. Gua Allo

Gua Allo (Instagram)

Gua ini masih terletak di Pulau Sombori. Banyak yang bilang pemandangan di gua ini mirip dengan Phi Phi Island di Thailand. Gua ini termasuk gua basah, bukan gua kering. Untuk bisa masuk ke sini kamu harus berenang atau dengan naik perahu karet, tapi nggak perlu mendaki. Begitu masuk ada bagian kering gundukan pasir dan ada bagian berair karena di sisi lain memang ada celah besar tempat air laut masuk dengan leluasa. Nggak perlu merunduk-runduk juga di gua ini karena sangat tinggi.

5. Sungai Luk Panenteng

Sungai Luk Panenteng (Instagram)

Tempat ini juga sering disebut sebagai replika dari Labuan Cermin. Hal ini disebabkan oleh airnya yang begitu jernih hingga dasar laut. Tempat ini belum banyak dikenal oleh kalangan traveler. Namun ini juga menjadi nilai lebih, karena dengan begitu Sungai Luk Paneneteng masih sangat terjaga kebersihannya dan terlihat masih alami.

Menjadi kawasan industri bukan berarti membuat Kabupaten Morowali nggak memiliki destinasi wisata yang memukau. Buktinya, 5 tempat di atas masih terasa alami dan cocok untuk yang mau menjauh dari suasana perkotaan. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...