Don't be Captious

Bangganya Tim Garuda UNY Asal Indonesia Sukses Juarai Kompetisi Mobil di Korea Selatan

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Semakin hari, semakin banyak prestasi yang berhasil ditorehkan anak muda Indonesia di tingkat internasional. Belum lama ini, prestasi tersebut diraih oleh tim bernama Garuda UNY dalam kompetisi mobil yang diadakan di Korea Selatan.

Tim Mobil Garuda UNY berhasil mendapatkan capaian ‘Grand Prix Hybrid Car Category’ pada kompetisi International Student Car Competition (ISCC) 2018 sebagai capaian paling tinggi dalam ajang tersebut. Event ini berlangsung pada 18-19 Mei 2018 di Paving Ground KATRI Songsan-Myun, Hwasong-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan yang dilaksanakan oleh Korean Automobile Testing and Research Institute (KATRI).

Dalam perlombaan ini, Garuda UNY dengan kendaraan Garuda Hybrid 2018 (GH-18) berhasil menempati 1st Acceleration, 1st Maneuver/Gymkhana Overall, dan 1st Endurance. Selain itu, Tim Mobil Garuda UNY juga mendapatkan “Best Of The Best Hybrid Car Category” yang sekaligus menjadi wujud konsistensi tim dalam mempertahankan gelar pada kategori kendaraan hybrid.

Garuda UNY (Goodnewsfromindonesia)

Gea Lurudancang selaku perwakilan delegasi dan Ketua Tim menjelaskan bahwa pada perlombaan hari kedua merupakan pencapaian luar biasa bagi timnya, walaupun pada hari pertama sempat tertinggal oleh pesaing. “Hari ini sangat membahagiakan sekaligus terharu, walaupun pada race hari pertama kita sempat tertinggal oleh kompetitor, namun di hari kedua ini kami mampu merebut kembali posisi”, jelas Gea Lurudancang, seperti dikutip dari Goodnewsfromindonesiaid, Rabu (23/5/2018).

Febrianto Amri Ristadi, M.Eng.Sc. selaku advisor menyampaikan bahwa hari pertama kompetisi GUT mampu menempati posisi teratas pada acceleration electric 11.800 s dan acceleration hybrid 9.890 s. Kemudian dilanjutkan dengan maneuver yang dilakukan dua kali yang memperoleh best time 23. 860 s. Saat bersamaan pada perlombaan hari kedua, Tim turut memperoleh hasil terbaik pada penilaian endurance.

Mobil buatan Garuda UNY (Goodnewsfromindonesia)

Menurut Dicky Putra Kurniawan selaku Racer, permainan strategilah yang sangat berperan dalam penentuan hasil endurance. “Alhamdulillah kami selalu menerapkan strategi dalam endurance ini, saat akselerasi dan maneuver sudah mencapai best time, kami juga harus mengejar endurance dengan menyelesaikan 15 Lap dalam waktu 22 Menit. Pada maneuver ini kita butuh konsentrasi penuh dan harus benar-benar memahami track,” jelas Dicky.

Drs. Agus Santoso, M. Pd. selaku Wakil Dekan II Fakultas Teknik yang ikut mendampingi selama acara kompetisi ini turut menyampaikan apresiasinya. Beliau pun menuturkan bahwa yang paling utama adalah kekompakan tim dan selalu berjuang hingga titik darah penghabisan. “Kami selaku pengurus fakultas mengucapkan terima kasih karena kalian telah berjuang sampai titik penghabisan. Yakin bahwa kalian mampu itulah yang paling utama. Harapan saya, kebersamaan dan kekeluargaan tetap selalu terjalin diantara kita. Fakultas turut bangga dan serta doa menjadi yang utama,” ungkap Drs. Agus Santoso, M. Pd. selaku WD II Fakultas Teknik.

Garuda UNY (Goodnewsfromindonesia)

Kesuksesan tim Garuda UNY itu nggak lepas dari sokongan baik dari pihak kampus, maupun sponsor dan media partner yang telah mendukung tim Mobil Garuda UNY sebelum dan selama berkompetisi.

Selamat untuk Garuda UNY! (tom)

Latest article