Don't be Captious

Bosan Kue Lebaran Itu-itu Saja? Kamu Bisa Coba Black Nastar, Anti Mainstream!

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Sebentar lagi kita akan menuju ke momen Lebaran. Biasanya, momen Lebaran itu identik dengan kue-kue kering, seperti putri salju atau yang paling dicari, yaitu nastar. Walaupun banyak kreasi nastar, namun bila tampilan dan rasanya seperti itu-itu terus pasti lama-lama kamu bakal bosan.

Jika kamu merasa bosan dengan kue Lebaran yang itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba kue Lebaran yang lain daripada yang lain, yaitu Black Nastar alias nastar hitam. Nggak hanya warnanya yang berbeda, black nastar ini juga punya rasa coklat yang pekat. Untuk membuatnya, kita perlu menambahkan coklat bubuk pada adonan nastar. Selain dengan tambahan coklat, warna hitam dari black nastar juga bisa diperoleh dengan penggunaan tepung beras hitam.

Black Nastar (Instagram)

Kombinasi rasa coklat pada adonan kue dan selai nanas sebagai isian black nastar ternyata bisa menjadikan hidangan kue lebaran yang lezat. Nastar coklat ini pertama kali diperkenalkan oleh Sahak Pribadi yang kemudian menjadi terkenal di seluruh Indonesia.

Untuk bentuknya, black nastar juga bisa kita kreasikan sesuka hati, Ada yang membuatnya bulat seperti nastar biasa, menyerupai buah manggis, hingga berbentuk seperti bunga dan donat mungil. Cara pembuatannya sama dengan nastar biasa, yang berbeda adalah adanya tambahan bahan yang nggak ada dalam nastar biasa.

Black Nastar (Instagram)

Kalau kamu penasaran ingin membuat sendiri nastar hitam ini, bahan yang dibutuhkan untuk membuat black nastar adalah 3 kuning telur, 1 putih telur, 200 gram margarin, 100 gram butter, 250 gula palem, seperempat sendok teh garam, 425 gram tepung terigu, 25 gram susu bubuk, 50 gram coklat bubuk, 30 gram maizena, dan 500 gram selai nanas untuk isiannya.

Jika kamu nggak ingin membuatnya sendiri dan ingin beli jadi, kamu bisa membelinya lewat online shop, karena banyak toko yang sudah membuat nastar hitam ini. Mengenai enak atau tidaknya, itu tergantung dari tokonya dan pandai-pandai kamu memilihnya.

Jadi, apakah Lebaran tahun ini di rumah kamu akan ada nastar hitam ini? (tom)

Latest article