Jatuh Miskin Setelah Liburan Singkat? Ini 7 Jurus Jitu Agar Keuangan Kembali Normal

European Consumer Centre Ireland
European Consumer Centre Ireland

Meski hanya liburan singkat, keuangan Anda pastinya akan mengalami krisis yang cukup membuat Anda menjadi miskin. Terlebih, ketika liburan Anda akan mengeluarkan anggaran yang tidak terkontrol. Karena tujuan Anda hanya ingin bersenang-senang tanpa memikirkan kondisi keuangan Anda nantinya.

Apalagi jika hal ini terjadi oleh para pekerja atau karyawan yang memang membutuhkan refreshing, namun dengan budget seadanya. Lalu, biaya transportasi yang mahal karena musim liburan juga menjadi salah satu faktor mengapa uang Anda bisa habis tak tersisa.

Maka dari itu, tak heran jika banyak hal yang perlu diatur kembali setelah liburan, seperti pemulihan keuangan. Namun, mengembalikan kondisi keuangan setelah liburan memang gampang-gampang susah, meskipun Anda hanya melakukan liburan singkat, misalnya hanya memanfaatkan akhir pekan.

Sebenarnya, tidak hanya para pekerja atau karyawan, karena ibu rumah tangga, mahasiswa atau pengusaha sekalipun, mungkin akan mendapati kesulitan untuk memulihkan atau mengelola anggaran pasca liburan. Dalam mengelola kembali keuangan seperti keadaan normal, memang dibutuhkan perhatian lebih.

Seperti Anda harus membuat perencanaan  keuangan yang baik, disiplin, dan terbuka dalam mengelola keuangan. Jika bisa, jangan sampai Anda mempunyai hutang atau pinjaman, hanya karena ingin menormalkan kondisi keuangan Anda, karena hal tersebut bisa saja menjadi bumerang untuk Anda.

Dengan begitu Anda juga bisa cepat mengembalikan kondisi keuangan Anda, dan bisa mulai menabung untuk merencanakan liburan kembali. Nah, agar Anda bisa lebih mudah untuk menormalkan kondisi keuangan Anda setelah liburan, berikut ada beberapa tips untuk keuangan tetap terjaga usai liburan:

1. Batasai Kartu Kredit

Saat dan setelah liburan, ada baiknya Anda harus menjaga keuangan dengan cara membatasi penggunaan kartu kredit. Bahkan, ketika Anda sedang liburan, Anda jangan menggunakan kartu kredit, karena pengeluaran Anda pasti sulit untuk dikontrol.

Namun, jika tidak ada cara lain atau terpaksa menggunakannya, Anda harus segera melunasi cicilannya, agar tidak mnumpuk dan menjadi beban untuk bulan berikutnya. 

2. Kembalikan Dana Tabungan

Tak sedikit dari Anda yang memakai uang tabungan untuk biaya liburan singkat. Meski hanya sebentar, biaya yang Anda gunakan tetap saja harus segera dikembalikan ke tujuan asalnya, yakni uang tabungan.

3. Catat pengeluaran dan pemasukan

Karena Anda sedang dalam masa ingin mengembalikan kondisi keuangan, maka Anda sangat perlu mencatat setiap pengeluaran atau pemasukan yang Anda lakukan.

Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengetahui dengan jelas detail dari kondisi keuangan Anda saat ini. Anda juga bisa meminimalkan pengeluaran karena Anda mengetahui keuangan Anda dengan jelas.

4. Bawa Bekal ke Kantor

Selain Anda bisa meminimalkan pengeluaran, Anda juga bisa melakukannya dengan cara berhemat, salah satunya membawa bekal. Terlebih, dalam urusan makan, Anda pastinya bisa mengabiskan uang lebih besar ketimbang membawa bekal dari rumah. Sehingga, Anda bisa sekaligus berhemat dan mempercepat masa penormalan keuangan Anda.

5. Pakai Transportasi Umum

Jika menggunakan transportasi umum bisa lebih irit pengeluaran, mengapa harus menggunakna kendaraan pribadi? Terlebih, Anda juga akan menghabiskan waktu lebih lama dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Selain itu, Anda juga harus membeli bahan bakan yang bisa habis dengan cepat jika tersendat dalam kemacetan. Nah, cara ini bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi keuangan Anda usai liburan singkat bukan?

6. Manfaatkan Promo

Di zaman sekarang, promo pembelian barang, hingga makanan, sangat mudah ditemukan. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk berhemat. Anda bisa cari beragam jenis promo yang sering ditawarkan di berbagai aplikasi.

Salah satunya seperti promo cashback pembelian makanan, promo potongan harga, hingga promo beli satu dapat satu. Yang terpenting, Anda harus sering-sering update dan memanfaatkannya dengan bijak.

7. Investasi

Tidak hanya berhemat, Anda juga harus bisa menyisihkan sedikit dari penghasilan Anda untuk investasi. Meski sedikit, setidaknya Anda mempunyai tabungan yang bisa berkembang dan pastinya akan bermanfaat untuk masa depan Anda.

Namun, Anda juga harus pintar-pintar memilih jenis investasi. Jangan sampai Anda mendapatkan investasi bodong san bisa membuat Anda rugi. Anda bisa memilih jenis investasi mulai dari reksa dana, emas, saham, hingga properti.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan, untuk membantu memulihkan keuangan Anda setelah liburan singkat. Namun, sembari Anda memulihkan keuangan, Anda juga bisa loh tetap liburan singkat yang dengan mengunjungi tempat yang tidak terlalu jauh, namun tetap memberi kesan. Nah, tempat berikut ini bisa dijadikan referensi Anda untuk melakukan liburan singkat yang berada di Jabodetabek. (jow)

Written by Admin Post

I am not just a blogger, I am a professional procrastinator with a knack for oversharing. My hobbies include drinking coffee, taking pictures of my food, and pretending I have my life together.

Yuk Intip Tempat Makan Es Krim Paling Terkenal di Jakarta

5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman Online