Mengenal Lebih Dalam Sosok Legendaris Che Guevara


Che Guevara, seorang  legenda abadi dari Argentina. Kisah kepahlawanannya terus diceritakan turun temurun dari mulut ke mulut di seluruh penjuru dunia. Ia adalah salah satu tokoh gerakan revolusioner di Amerika Latin. Selain itu, Guevara pun menjadi orang kedua setelah Fidel Castro dalam pemerintahan baru Kuba usai revolusi. Sosoknya memang dikenal oleh seluruh dunia, namun hanya sedikit orang yang mengetahui perjalanan hidupnya yang mengagumkan. Berikut adalah 5 hal yang luput dari perhatian Anda mengenai sosok sang pejuang pemberontakan, Che Guevara.

5. Dokter Medis

Pada bulan Juni 1953, Che Guevara telah menyelesaikan studi kedokterannya. Ia lulus dengan gelar Dokter Ernesto Guevara. Ketika masih kuliah, ia sangat tertarik untuk mempelajari penyakit Kusta.

4. Lima Anak

Sosoknya sebagai seorang legendaris dan pejuang revolusioner membuat kita lupa bahwa Guevara pun hanya seorang manusia biasa yang mempunyai keluarga. Guevara memiliki seorang anak dengan istri pertamanya, Hilda Gadea. Gadea adalah seorang gadis Meksiko yang lahir pada tanggal 15 Februari 1956.  Lalu Che memiliki empat orang anak dengan istri keduanya,yaitu Aleida Maret. Aleida adalah seorang revolusioner juga. Gambar diatas adalah Camilo, anak Che.

3. Pria tanpa lengan

Pada tahun 1965, setelah revolusioner dimenangkan olehnya, Guevara meninggalkan Kuba. Ia lalu terlibat dalam perjuangan revolusioner internasional. Ia berpetualang sampai ke Afrika dan akhirnya ikut berperang di Kongo. Setahun kemudian, Guevara berpetualang kembali ke Bolivia. Che mengorganisir pemberontakan untuk menjatuhkan pemerintahan militer Bolivia yang pro AS. Che ingin memasang pemerintahan komunis di sana. Namun nasib berkata lain. Pada tanggal 8 Oktober 1965 di dekat Vallegrande, Guevara tertangkap oleh pihak militer Bolivia. Atas perintah Presiden Bolivia Barrientos, Che dieksekusi mati. Setelah eksekusinya itu, dokter tentara Bolivia mengamputasi tangan Che. Para tentara Bolivia merahasiakan keberadaan tubuh Che. Mereka mengawetkan tangan Che dengan formalin. Kemudian mereka mengirim tangan tersebut ke Buenos Aires untuk diselidiki sidik jarinya oleh polisi Bolivia. Kemudian tangan yang telah diawetkan tersebut dikirim kembali ke Kuba.

2. Ironic Icon

Saat berada di Bolivia pada tahun 1967, Che ditangkap oleh CIA yang menumpaki tentara Bolivia. Mereka membunuh Che ketika ia berusia 39 tahun. Tapi saat ini nama dan reputasinya malah tertanam dengan kuat. Ia menjadi ikon dunia dan wajahnya muncul dalam bendera-bendera, plakat, dll sebagai pahlawan revolusi di dunia.

1. Saint Ernesto

Guevara telah menjadi pahlawan nasional di Kuba. Gambar mukanya terpampang di atas mata uang Peso Kuba. Pada tahun 2008, sebuah patung perunggu setinggi 12 meter dipahat untuk mengenang Che. Patung tersebut diresmikan di kota kelahirannya, yaitu Rosario. Selain itu, Guevara telah dianggap sebagai orang kudus oleh petani Bolivia. Ia dijuluki sebagai “Saint Ernesto”, dimana para petani tersebut akan berdoa kepada Che untuk memohon bantuan. Namun, Gereja Katolik tidak menganggap Guevara sebagai orang suci dan menentang pemujaan akan terhadapnya.(top5s.net/rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak