Don't be Captious

5 Aplikasi YouTube Tanpa Iklan Terbaru 2023

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Aplikasi YouTube tanpa iklan merupakan kata kunci yang banyak dicari oleh penonton YouTube yang menginginkan tontonan konten tanpa diganggu oleh jeda iklan. Jika kamu termasuk di dalam salah satu yang mencari cara nonton YouTube tanpa iklan maka simak artikel ini sampai selesai untuk cara melakukannya.

Apakah kamu ingat pada tahun 2009 adalah tahun dimana platform YouTube memperkenalkan penayangan iklan kepada penggunanya untuk pertama kali?. Dengan adanya iklan itulah, YouTube kemudian menjelma jadi salah satu platform tontonan online terpopuler di seluruh dunia.

Namun sebagai pengguna YouTube kamu pun harus lebih banyak menonton iklan saat sedang asyik mengkonsumsi konten favorit. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu dari segi kenyamanan pengguna.

Nah, bagi kamu yang merasakan hal serupa diatas kini tidak perlu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi YouTube tanpa iklan yang bisa di coba secara legal agar tidak ada lagi iklan yang mengganggu saat kamu sedang menonton konten di YouTube.

BACA JUGA: Nonton YouTube Dapat Uang? Gampang Banget!

10 aplikasi YouTube tanpa iklan yang bisa kamu coba di tahun 2023

Jika kamu bosan melihat iklan yang muncul di YouTube apalagi yang tidak bisa di skip, kami menyarankan untuk mencoba beberapa aplikasi pemblokir iklan berikut ini.

1. AdBlock

Tampilan aplikasi Adblock

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi ekstensi browser Chrome yang memiliki kemampuan memblokir iklan saat menonton YouTube. Namun sejauh ini AdBlock dan Adblock Plus merupakan aplikasi yang cukup populer dan bisa diandalkan daripada aplikasi lainnya. Apalagi keduanya ada versi gratis dan berbayar. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip dan membingungkan, kedua program ini dijalankan oleh orang yang berbeda. Program mana yang ingin Anda gunakan terserah pada pilihan kamu. Cara menggunakannya bisa kamu ikuti panduannya sebagai berikut:

  1. Buka browser chrome kamu lalu buka situs https://getadblock.com/ lalu klik tombol GET ADBLOCK NOW 
  2. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman instalasi yaitu google web store
  3. klik pada tombol Add to Chrome atau Tambahkan ke Chrome untuk menambahkan ekstensi ke browser Chrome pengguna.
  4. Setelah ekstensi terinstal, bisa ditemui tanda berhenti (stop) berwarna merah dengan ikon tangan berwarna putih di dalamnya, di bagian kanan atas browser. Klik tombol ini dan pilih pengaturan atau opsi di menu dropdown.
  5. Pengguna bisa mengisi opsi dan pengaturan sesuai keinginan dan simpan pengaturan ini. Sekarang menjalankan AdBloker untuk memblokir iklan di Chrome.
  6. Selesai

2. Brave Browser

Ilustrasi tampilan brave browser

Aplikasi YouTube tanpa iklan berikutnya adalah Brave Browser. Awalnya aplikasi ini terkenal karena sering digunakan para pengguna untuk mendapatkan koin crypto gratis. Namun seiring dengan perkembangannya Brave Browser juga menambahkan fitur yang mampu memblokir iklan di YouTube.

Bagi kamu yang nggak suka ribet, aplikasi ini termasuk cukup mudah digunakan oleh pemula. Kamu tidak perlu melakukan pengaturan ini itu lagi. Tinggal install aplikasinya lalu kamu buka situs YouTube-nya.

Aplikasi Brave Browser ini tersedia pada berbagai sistem operasi seperti Android, iOS, Windows, atau Mac.

3. Adlock

Ilustrasi aplikasi Adlock

Aplikasi YouTube tanpa iklan pilihan tahun 2023 selanjutnya adalah Adlock. Aplikasi yang bisa kamu temukan di Google Play Store ini bisa diandalkan saat kamu ingin nonton YouTube tanpa terganggu dengan iklan.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting dari aplikasi Adlock juga mampu memblok iklan jenis Pop-up, banner di website, hingga iklan yang berhubungan dengan penambangan crypto.

Selain itu Adlock juga mengkalim bahwa aplikasinya dapat mengurangi penggunaan baterai HP kamu. Jadi saat kamu sering menonton iklan di YouTube pastinya konsumsi baterai akan lebih banyak. Beda cerita jika kamu menggunakan aplikasi ini tanpa iklan tentunya baterai akan lebih efisien saat nonton YouTube.

4. Opera Browser Android

Ilustrasi Aplikasi Opera Browser Android

Nonton YouTube tanpa iklan bisa juga kamu nikmati hanya dengan menginstal aplikasi opera browser di HP. Opera adalah browser gratis yang cepat, kaya fitur dan inovatif. Sama seperti browser populer lainnya, Opera browser juga menawarkan beragam fitur yang sangat berguna dalam hal teknologi.

Cara mengaktifkan fitur Ad Blocking di Opera browser juga termasuk cukup mudah. Kamu tinggal ke menu profil, lalu tap bagian icon yang bertuliskan “Ad Blocking”.

Kamu juga bisa memantau statistik berapa banyak iklan yang sudah berhasil di block oleh Opera Browser melalui menu “Setting” serta ada juga fitur yang mengecualikan website tertentu untuk tetap menampilkan iklan jika kamu mau.

5. NewPipe

Ilustrasi aplikasi NewPipe

NewPipe adalah aplikasi untuk memutar video yang bisa didapatkan secara gratis untuk smartphone Android kamu. Sebenarnya aplikasi ini sebagai pemutar YouTube tidak resmi yang memungkinkan kamu untuk menonton video yang ada di YouTube tanpa mengambil data pengguna seperti history pencarian, data pengguna hingga lokasi dimana kamu mengakses aplikasi.

Sehingga konten yang ditampilkan adalah berdasarkan keyword yang dicari oleh kamu. Tentunya fitur yang kamu cari agar menonton YouTube tanpa iklan juga bisa kamu dapatkan di aplikasi ini.

Aplikasi ini juga hadir dengan ukuran kecil yang ringan sehingga siapa pun dapat menggunakannya. Meski begitu, NewPipe tetap bisa berfungsi secara maksimal untuk menonton berbagai video.

Keunikan dari aplikasi ini adalah tidak mengandalkan API YouTube. Jadi, pengembang tidak akan dapat mengakses statistik video dan data saluran untuk melindungi privasi penggunanya.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Promosi Channel YouTube Tahun 2023

Latest article