10 Website Freelance Indonesia Terpercaya Tahun 2023

Apakah kamu sudah memiliki pekerjaan saat ini? Apabila belum, kamu berada di tempat yang tepat karena kami akan membahas 10 website freelance Indonesia terpercaya tahun 2023. Simak sampai tuntas dan selamat mencoba.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, lebih baik kamu berkenalan dengan kata “freelancer”. Freelancer adalah pekerja yang memiliki kontrak atau perjanjian dengan klien untuk mengerjakan suatu proyek. Perjanjian itu umumnya mencakup waktu pengerjaan serta bayaran yang akan didapat pekerja. Pekerjaan freelance mengutamakan fleksibilitas sehingga kamu bisa mengerjakannya di manapun dan kapanpun.

Supaya bisa bekerja, kamu harus bertemu dengan klien terlebih dahulu. Kamu bisa menemukan klien di website freelancer. Terdapat berbagai website freelancer yang bisa kamu pilih, baik dari dalam maupun luar negeri. Walaupun demikian, kami hanya merekomendasikan 10 website freelance Indonesia yang kami anggap terpercaya sebagai berikut.

1. Freelancer Indonesia

Website Freelancer Indonesia

Situs ini berasal dari Australia, tetapi Indonesia sudah memiliki situsnya. Tampilan situsnya terlihat modern dengan tema warna putih. Freelancer Indonesia memungkinkan kamu bisa menawarkan diri dengan para perekrut dari dalam dan luar negeri. Kamu tinggal isi keahlianmu dan pihak Freelancer Indonesia akan mengirim notifikasi pekerjaan yang berkaitan dengan keahlianmu. Terkait hasil, kamu akan menerima bayaran yang mata uangnya bisa dipilih. Terdapat 39 mata uang yang bisa dipilih untuk membayarmu di Freelancer Indonesia.

BACA JUGA: 5 Daftar Bisnis Online Sampingan Tahun 2023 Cuma Pakai HP

2. Project.co.id

Website Project.co.id

Situs ini berasal dari dalam negeri, lebih tepatnya dari kota Bandung. Projects.co.id menyediakan beragam pekerjaan yang dihargai dengan mata uang rupiah. Pekerjaan yang akan ditawarkan jasanya pun bisa bersifat ringan seperti membuat tutorial top up Mobile Legends, sampai bersifat berat seperti SEO Specialist. Harganya pun beragam dengan harga terendah Rp 50.000,-. Kamu pun juga bisa menawarkan diri di Projects.co.id. Asal bisa memasang harga sesuai kemampuan owner dan membuat kalimat penawaran secara formal dan tidak memaksa, kamu berpeluang untuk bekerja melalui situs ini.

3. Sribu

Website Sribu

Website freelance Indonesia berikutnya adalah Sribu. Sribulancer (berganti nama menjadi Sribu) adalah website yang menyediakan jasa pengisian konten dari para freelancer yang mereka punya. Apabila ingin menjadi freelancer, silakan daftar dan sesuaikan dengan keahlianmu. Adapun bidang keahlian yang dibutuhkan seperti penulisan, penerjemahan, dokumentasi, pemograman, pemasaran, dan desain grafis. Apabila kamu mendapat klien dan mereka puas dengan pekerjaanmu, penghasilan akan masuk ke rekeningmu. Meskipun demikian, gajimu akan dipotong 10 % oleh pihak Sribu.

4. Jobstreet

Website Jobstreet

Website Jobstreet ini memang dikenal luas sebagai platform lowongan kerja. Banyak perusahaan yang menaruh lowongan kerja di sana, termasuk perusahaan-perusahaan besar. Tak hanya pekerjaan tetap, kamu juga bisa menemukan pekerjaan freelance. Cukup ketik “lowongan freelancer” di kolom pencarian situs, kamu akan menemukan beberapa lowongan freelance untuk profesi tertentu, contohnya seperti freelance software architec. Meskipun bersifat freelance, gaji yang ditawarkan oleh suatu perusahaan bisa mencapai belasan juta. Oleh sebab itu, apabila ada lowongan yang cocok denganmu, coba saja lamar melalui situs ini.

BACA JUGA: 5 Jenis Pekerjaan Sampingan yang Dibayar Mahal di Era Digital

5. SociaBuzz

Website Sociabuzz

Website ini juga cocok untuk dicoba, termasuk bagi kamu yang hobi membuat konten di media sosial. SociaBuzz menjadi wadah bagi para influencer dan penyedia jasa lainnya untuk mempromosikan kemampuan mereka. Bahkan, adapula jasa pendengar curhat dengan tarif Rp 50.000,-. Apabila kamu tertarik dengan website ini, silakan daftar terlebih dahulu dan pasang harga termurah supaya cepat laku, seperti penyedia jasa pengetikan yang memasang tarif hanya Rp 10.000,-.

6. OLX

Website OLX

OLX selama ini dikenal sebagai situs untuk menjual berbagai barang, terutama mobil. Tak hanya menjual barang, website ini juga menyediakan berbagai jasa, seperti jasa perbaikan atap bocor, reparasi sofa, hingga konsultasi pendirian badan usaha. Bahkan, website ini juga terdapat iklan berisi seseorang yang menawarkan dirinya untuk bekerja. Kamu pun juga bisa memasang iklan jasa di OLX. Cukup klik +Jual, lalu login dengan akun Google dan isilah formulir yang tersedia. Terkait harga, kamu bisa memasang harga berapapun sesuai kebutuhan.

7. Indeed

Website Indeed

Website Indeed ini memiliki konsep yang sama dengan Jobstreet. Pada dasarnya, situs ini menyediakan lowongan kerja dari beragam bidang dan bisa kamu cari berdasarkan lokasimu saat ini. Kamu pun juga bisa menemukan pekerjaan freelance di sini. Caranya dengan ketik “freelance” di kolom pencarian situs dan pilih kota tempatmu tinggal. Setelah itu, akan muncul beragam lowongan kerja freelance yang bisa dipilih. Pastikan kamu memilih tidak hanya sesuai gaji, melainkan juga sesuai kemampuanmu. Indeed adalah website freelance Indonesia yang cukup popluer saat ini.

8. LinkedIn

Website LinkedIn

LinkedIn memiliki konsep yang berbeda dari website sebelumnya. Konsepnya cenderung mirip dengan media sosial di mana penggunanya bisa menambah teman, melihat suatu postingan, dan mengirim pesan ke seseorang. Sebagai situs penyedia lowongan kerja, LinkedIn juga menyediakan lowongan dari berbagai jenis, termasuk pekerjaan freelance. Cukup login dan ketik “freelance” di kolom pencarian situs, kamu akan menemukan lowongan dan hal-hal lain berkaitan dengan freelance. Apabila kamu ingin melamar, pastikan profil LinkedIn-mu sudah lengkap supaya lolos.

9. Fastwork

Website Fastwork

Fastwork memiliki konsep yang sama dengan Projects.co.id dan Freelancer Indonesia. Situs ini hanya berfokus pada freelancer dan menyediakan berbagai proyek untuk dikerjakan. Bidang pekerjaan yang bisa dipilih meliputi grafis dan desain, penulisan dan penerjemahan, web dan pemograman, visual dan audio, pemasaran dan periklanan, jasa konsultasi, dan gaya hidup. Menurut ulasan di situsnya, freelancer di Fastwork bekerja secara profesional dan harga jasanya murah. Kamu pun bisa menjadi freelancer di sini. Cukup login dengan akun Google dan buatlah iklan jasamu dengan harga yang mampu bersaing.

BACA JUGA: Fastwork, Website Freelance Indonesia untuk Kerja Sampingan Mahasiswa

10. Kitalulus

Website kitalulus

Website KitaLulus ini sebenarnya memiliki konsep platform lowongan kerja. Perbedaanya dengan platform lain adalah tersedianya versi aplikasi yang dinobatkan sebagai Aplikasi Terbaik Google Play 2022. Apabila kamu ingin mencari pekerjaan freelance, cukup buka situsnya lalu klik Info Loker. Nantinya, situs akan menampikan kolom pencarian. Silakan ketik “freelance” dan akan muncul beragam pekerjaan freelance. Pilihlah sesuai kemampuanmu dan pastikan isi CV-mu sudah lengkap. Apabila ada yang mau ditanyakan soal lowongan kerja, kamu bisa menghubungi pemilik usaha atau HR dari penyedia lowongan melalui WhatsApp.

Penutup

Demikian informasi mengenai 10 website freelance Indonesia terpercaya tahun 2023. Kamu tinggal pilih mana situs yang menurutmu paling baik untuk mendapatkan pekerjaan impian. Semoga sukses.

BACA JUGA: SproutGigs: Situs Penghasil Dollar Cuma Modal Browsing

Written by Zari