Don't be Captious

Inilah Serunya Lembah Asri Purbalingga: Ada Dinosaurus Bergerak

Mau merasakan udara sejuk di tempat yang berbeda? Yuk, mampir ke Lembah Asri Purbalingga. Bukan cuma udara sejuk, kamu juga bisa menikmati wahana lain yang mengasyikkan. Simak sampai habis dan selamat berlibur.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’LAS) Purbalingga merupakan sebuah desa wisata yang berada di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Menurut situs resmi Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga, desa wisata ini menempati posisi kedua dalam 10 destinasi wisata dengan kunjungan terbanyak tahun 2020.

Lembah Asri Serang banyak dikunjungi karena menawarkan suasana khas Gunung Slamet. Selain suasananya, tempat ini juga memanjakan pengunjung dengan beragam wahana sebagai berikut.

1. Jeep Wisata

Ilustrasi Jeep Wisata (Foto: https://www.instagram.com/wawan_besil/)

Buat kamu yang menyukai wisata adrenalin, wahana ini wajib dicoba. Jeep wisata menawarkan pengalaman melihat pemandangan kaki Gunung Slamet dengan cara berbeda. Kamu bisa menikmati alam sembari merasakan sensasi melewati jalur bebatuan dan sungai kecil.

Wahana ini menawarkan dua paket wisata, yaitu long trip dan short trip. Untuk mencoba long trip, kamu mesti membayar Rp 400.000 dan bisa masuk D’LAS, Sekar Bintang, serta Gardu Pandang secara gratis. Sementara itu, kamu mesti membayar Rp 300.000 untuk mencoba short trip dan bisa masuk D’LAS, Gardu Pandang, dan Gunung Malang secara gratis.

2. Taman Dino Land

Taman Dino Land (Foto: https://www.instagram.com/panoramapurwokerto/)

Wahana ini menawarkan pengalaman seolah berada di kebun binatang berisi dinosaurus. Di sini, kamu bisa melihat replika dinosaurus dari sejumlah jenis, seperti Tyrannosaurus Rex (T-rex), Stegosaurus, Parasaurolophus, burung purba, Velociraptor, Brachiosaurus, Triceratops, dan Dilophosaurus.

Replika dinosaurus di sini bergerak seolah hidup. Hal itu terjadi karena sensor gerak yang ada di tubuh replika. Patung yang seolah hidup tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung sehingga Taman Dino Land ramai saat hari libur.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Greenhouse Strawberry

Greenhouse Strawberry (Foto: https://www.instagram.com/okfiatri91/)

Tempat ini cocok untuk yang menyukai buah stroberi. Greenhouse Strawberry memiliki kumpulan tanaman stroberi yang ditanam secara hidroponik. Untuk greenhouse, terdapat dua jenis berdasarkan fungsinya, yaitu untuk produksi dan untuk wisata petik stroberi. Jadi, kamu bisa mengunjungi salah satu greenhouse untuk mencoba stroberi langsung dari pohonnya.

4. Kolam Renang

Kolam Renang Lembah Asri (Foto: www.lembahasriserang.com)

Buat kamu yang suka berenang, D’LAS juga memiliki kolam renang. Kolam renang di Lembah Asri ini menawarkan sensasi berenang dengan air pegunungan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam khas Gunung Slamet sembari berenang.

BACA JUGA: Review Tempat Wisata Guci: Bukan Cuma Pemandian Air Panas

5. Spot dan Wahana Lainnya

Wahana Berkuda di Purbalingga (Foto: https://www.instagram.com/wajah_purbalingga/)

Wahana di D’LAS bukan hanya yang telah disebutkan sebelumnya. Terdapat pula wahana lainnya yang tak kalah menarik. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas seperti berkuda, naik motor ATV, mencoba high rope dan flying fox, menaiki kereta wisata, sampai mengajak anakmu bermain di playground.

Selain menyediakan wahana, Lembah Asri Purbalingga juga menyediakan spot menarik untuk dikunjungi. Spot-spot tersebut seperti camping ground, hutan pinus, Taman Labirin, Taman Kurcaci, Taman Kelinci, Taman Bunga, Agro Kids, serta spot foto menarik lainnya.

6. Penginapan

Penginapan Lembah Asri (Foto: https://www.instagram.com/wibi_a.r/)

Bagi kamu yang ingin bermalam, D’LAS juga menyediakan tempat untuk menginap. Tersedia cottage berbentuk tabung dan terbuat dari kayu. Satu cottage bisa memuat hingga 4 orang. Fasilitasnya pun lengkap, seperti kamar mandi pribadi, perlengkapan mandi, musala, sarapan pagi, televisi, WiFi area, selfie area, camping area, dan kolam renang. Untuk bisa menginap di sini, kamu perlu biaya sebesar Rp 850.000 per pax.

7. Harga Tiket Masuk

Mengenai tiket masuk, Lembah Asri Purbalingga tidak mematok biaya mahal. Cukup membayar Rp 5.000, kamu sudah bisa menikmati pemandangan di tempat ini. Meskipun demikian, harga tersebut belum termasuk biaya masuk wahana dan spot lainnya. Harganya pun masing-masing berbeda dengan rincian sebagai berikut.

  • Taman Kelinci : Rp 5.000
  • Dino Land : Rp 10.000
  • Kolam Renang : Rp 10.000
  • ATV Bike : Rp 20.000
  • Playground : Rp 10.000
  • High Rope : Rp 50.000
  • Berkuda : Rp 15.000
  • Flying Fox : Rp 20.000
  • Taman Bunga : Rp 5.000
  • Kereta Wisata : Rp 5.000
  • Sepeda Air : Rp 10.000
  • Greenhouse Strawberry : Rp 15.000

8. Lokasi

Lembah Asri Purbalingga berada di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Untuk bisa ke sana, diperlukan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Purbalingga. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

9. Penutup

Itulah ulasan lengkap mengenai Lembah Asri Purbalingga. Semoga bisa menjadi referensimu untuk berwisata pada saat tertentu, terutama saat hari libur tiba.

BACA JUGA: 10 Objek Wisata Perosotan Pelangi yang Patut Kamu Coba

Latest article