Don't be Captious

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Cianjur yang Seru dan Menyenangkan

Selamat datang ke tempat wisata di Cianjur, sebuah tempat di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Dikelilingi oleh pegunungan hijau dan sungai yang mengalir deras, Cianjur menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan. Bagi pecinta alam dan penikmat petualangan, tempat-tempat wisata di Cianjur akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa Kabupaten Cianjur memiliki luas 361.434,98 hektare dengan ketinggian antara 7 sampai 2.962 mdpl. Dengan ketinggiannya tersebut, wilayah kabupaten ini meliputi pantai hingga dataran tinggi.

Oleh karena itu, kabupaten ini memiliki beragam potensi wisata yang bisa dikunjungi. Meskipun demikian, kami hanya merekomendasikan 10 tempat wisata di Cianjur sebagai berikut.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara (Foto: chitraachiet)

Tempat wisata di Cianjur ini cocok untuk penyejuk mata. Taman Bunga Nusantara memamerkan beragam bunga yang bisa dinikmati. Di sini, kamu bisa melihat ratusan varietas tanaman berbunga dari seluruh dunia.

Ratusan tanaman di sini bisa disaksikan di dalam beragam jenis taman, mulai dari Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Gaya Jepang, Taman Perancis, Taman Rahasia, dan lain-lain. Selaian beragam taman, kamu juga bisa menikmati berbagai sarana yang tersedia, salah satunya menara pandang untuk melihat pemandangan di Taman Bunga Nusantara.

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Biaya tiketnya seharga Rp 50.000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

BACA JUGA: Bosan ke Pantai? Kamu Bisa Kunjungi 5 Taman Bunga Terindah di Indonesia Ini

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas (Foto: herufadhill)

Selain Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas juga tak boleh dilewatkan. Tempat wisata di Cianjur ini berkonsep taman dengan luas 84,99 hektar. Dengan luas tersebut, tempat ini menyimpan berbagai jenis tanaman dari Indonesia dan negara lain di dunia.

Berbagai tanaman tersebut tersimpan di berbagai tempat di dalam Kebun Raya Cibodas. Beberapa tempat wajib kamu kunjungi, seperti konservatorium, taman lumut, kolam besar, serta araucaria avenue. Tempat-tempat tersebut wajib dikunjungi karena memiliki spot foto yang Instagramable.

Kebun Raya Cibodas berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Harga tiketnya mulai dari Rp 15.500 sampai Rp 25.500. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 sampai 16.00.

3. Kampung Sarongge

Kampung Sarongge (Foto: Facebook Wisata Edukasi Saung Sarongge)

Tempat wisata ini cocok untuk menikmati udara sejuk. Kampung Sarongge merupakan sebuah perkampungan yang terletak di sebelah timur Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kampung ini terasa sejuk karena ditanami oleh 40.000 pohon di atas lahan seluas 38 hektar.

Saat berada di Sarongge, jangan lupa untuk menikmati pengalaman layaknya di pedesaan. Pengalaman yang bisa dinikmati seperti meminum teh sereh, menonton seni tradisional, menonton festival ayam jago, sampai berkebun.

Kampung Sarongge berada di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

4. Little Venice

Little Venice (Foto: azizsyaifullah)

Ingin merasakan suasana khas Venesia? Cukup pergi ke Cipanas, kamu sudah bisa merasakannya. Saat berada di Little Venice, kamu bisa mencoba naik gondola di atas kanal. Suasananya pun didesain layaknya kota Venesia.

Selain mirip Venesia, tempat ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Contohnya seperti replika ikon-ikon terkenal di dunia, seperti Patung Merlion, Menara Eiffel, sampai Kuil Itsukushima. Selain replika, kamu juga bisa menaiki wahana yang tersedia, seperti perahu bebek, perahu naga, sepeda air, dan lain-lain.

Little Venice terletak di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Harga tiketnya mulai dari Rp 25.000. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 sampai 16.30.

5. Curug Luhur

Curug Luhur (Foto: _kopites_man)

Tempat wisata di Cianjur ini layak untuk menyegarkan badan. Curug Luhur memiliki semacam kolam yang terbentuk di dalam lubang bebatuan. Karena sempit, kolam tersebut hanya bisa digunakan untuk berendam.

Terkait curugnya, kamu bisa menikmati air terjun dengan keelokannya yang khas. Keelokan Curug Luhur bisa dilihat dari titik jatuhnya yang melebar. Selain titik jatuh yang melebar, adapula bebatuan kapur yang kasar yang menambah kesan indah dari curug ini.

Curug Luhur terletak di Desa Batulawang, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur. Harga tiketnya Rp 10.000 per orang. Tempat ini dibuka 24 jam.

BACA JUGA: Long Weekend, Kamu Bisa Kunjungi 5 Tempat Wisata Baru di Bogor yang Lagi Hits Ini

6. Wana Wisata Pokland Haurwangi

Wana Wisata Pokland Haurwangi (Foto: willynovryan)

Wana wisata Pokland Haurwangi menawarkan wisata alam dengan memasuki hutan pinus. Adapun luas area ini adalah 30 hektar. Dengan adanya hutan pinus, kamu bisa menyegarkan pikiranmu.

Selain menikmati hutan pinus, terdapat pula hutan Sorgum yang memiliki luas 20 hektar. Bagi yang suka berfoto, tempat wisata di Cianjur ini juga menyediakan spot foto yang instagenik. Bukan hanya spot foto, adapula wahana lain yang bisa dicoba, seperti hammock, sepeda gantung, dan motor trail.

Wana Wisata Pokland Haurwangi berada di Perum Perhutani KPH Cianjur, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Harga tiketnya Rp 10.000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 07.30 sampai 17.00.

8. Pantai Lugina

Pantai Lugina (Foto: irlangga_d_putra)

Tempat wisata di Cianjur yang satu ini juga patut dikunjungi. Pantai Lugina merupakan pantai yang belum sepopuler pantai lainnya. Hal itu tak lepas dari jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota Cianjur serta letaknya yang cukup tersembunyi.

Meskipun belum populer, pantai ini memiliki keindahan yang layak untuk dinikmati. Tidak hanya itu, pemandangan indah saat matahari terbenam juga bisa dilihat di sini. Karena memiliki potensi, pemerintah setempat berupaya untuk membangun beberapa fasilitas di Pantai Lugina.

Pantai Lugina terletak di Desa Tanjungsari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Tempat ini tidak mematok biaya tiket, tetapi terdapat biaya parkir seharga Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Pantai ini dibuka 24 jam.

9. Gunung Padang

Gunung Padang (Foto: andrea_arduini71)

Bagi kamu yang menyukai sejarah, Gunung Padang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Cianjur ini menyimpan banyak batu peninggalan zaman Megalitikum. Menurut beberapa ahli, tempat ini merupakan situs tertua di dunia.

Ketika memasuki Gunung padang, kamu akan melihat bebatuan yang tertanam. Batu-batu tersebut tersebar hingga di bagian puncak. Meskipun demikian, jumlah batu yang ada di puncak gunung lebih sedikit ketimbang di bagian bawahnya.

Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Harga tiketnya Rp 10.000. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 16.30.

10. Karang Potong Ocean View

Karang Potong Ocean View (Foto: karangpotongoceanview)

Ingin berlibur ke Santorini? Apabila ingin ke sana tetapi belum terwujud, jangan bersedih. Cobalah berlibur ke Karang Potong Ocean View. Di sini, kamu bisa merasakan spot-spot yang dibuat layaknya Pulau Santorini di Yunani.

Tidak hanya spot seperti di Santorini, terdapat pula fasilitas lainnya, seperti tempat penginapan cabin box, resto sawah, rest area, campervan, serta camping ground. Kamu juga bisa bermain di pantai yang berada dekat dengan tempat wisata ini.

Karang Potong Ocean View beralamat di Kampung Sedekan, Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Harga tiketnya Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 untuk akhir pekan. Jam operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai 18.00.

Penutup

Cianjur adalah surga bagi para pecinta alam dan petualangan. Dengan destinasi wisata yang menakjubkan seperti Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Pantai Lugina, dan Gunung Padang, pengunjung dapat mengeksplorasi keindahan alam yang luar biasa di daerah ini.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Cianjur dan menciptakan kenangan tak terlupakan dalam petualangan kamu. Selamat berlibur!

BACA JUGA: Merasakan Sensasi Berkuda dengan Suasana Alam di The Ranch Puncak

Latest article