8 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Banyuwangi Tahun 2023

Banyuwangi merupakan kabupaten terbesar di Provinsi Jawa Timur. Karena letaknya yang berada di ujung timur Pulau Jawa, dulunya Banyuwangi terkenal dengan Pelabuhan Ketapang sebagai tempat penyebrangan menuju Pulau Bali. 

Belakangan ini Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang banyak dilirik wisatawan untuk berlibur. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke daerah ini karena penasaran dengan keindahan alamnya yang tersembunyi. 

Tak hanya menyuguhkan deretan pantai yang indah, ternyata Banyuwangi memiliki beragam tempat wisata dengan pesona memukau yang sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, berikut 8 rekomendasi destinasi wisata terbaik di Banyuwangi yang patut untuk anda kunjungi.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen (Foto: rabea_scherer)

Destinasi pertama yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata satu ini karena sudah sangat terkenal akan pesona dan keindahannya.

Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan indahnya pemandangan kawah hijau yang ikonik, namun juga memiliki daya tarik karena terdapat aktivitas pertambangan belerang. Selain itu, di kawah ini terdapat fenomena blue fire atau api biru. Api biru ini merupakan hasil dari pembakaran gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen. Api biru yang ada di Kawah Ijen ini merupakan yang terbesar di dunia.

Kawah Ijen memiliki ketinggian sekitar 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl). Untuk mencapai lokasi ini anda perlu melakukan pendakian kurang lebih selama dua jam. Mengingat untuk mencapai lokasi wisata ini harus melakukan pendakian dan kawah ini berbau belerang yang cukup pekat, aktivitas ini tidak disarankan untuk lansia, penyandang disabilitas, wanita hamil, penderita gangguan fungsi tulang belakang, gangguan fungsi hati, memiliki mata sensitif, dan kondisi medis serius yang lainnya.

  • Jam buka: 03.00 – 12.00 WIB (setiap hari jumat minggu pertama tutup)
  • Tiket masuk: 
  • Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 100.000 untuk wisatawan asing (weekday)
  • Rp 7.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing (weekend)
  • Parkir: Rp 5.000 / motor dan Rp 10.000 / mobil

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (Foto: el.journeys)

Kedua, ada Taman Baluran yang sering disebut sebagai Africa van Java karena menyuguhkan pemandangan hamparan rumput yang luas seperti sabana di Afrika.

Di kawasan ini selain dapat melihat keindahan bentangan sabana, anda juga dapat melihat kehidupan satwa liar seperti rusa. Secara administrasi Taman Nasional Baluran masuk dalam Kabupaten Situbondo, namun Baluran terkenal sebagai salah satu tempat wisata Banyuwangi karena letaknya yang tidak jauh dari Kota Banyuwangi.

  • Alamat: Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo
  • Jam buka: 07.30 – 16.30 WIB
  • Tiket masuk: 
  • Rp 16.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 165.000 untuk wisatawan asing (weekday)
  • Rp 18.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 240.000 untuk wisatawan asing (weekend)
  • Parkir: Rp 5.000 / motor dan Rp 10.000 / mobil

BACA JUGA: Wisata ke Jawatan Benculuk Banyuwangi, Hutan Kece ala Alice in Wonderland

3. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider (Foto: @edisnts332)

Bagi Anda yang ingin menikmati sejuknya berwisata di Banyuwangi bisa mencoba destinasi wisata ini, yakni Air Terjun Lider. Air terjun ini merupakan salah satu pesona alam tersembunyi yang ada di Banyuwangi. Anda bisa menikmati dingin dan sejuknya udara di tempat wisata ini sembari melihat keindahan air terjun yang asri dan terjaga kebersihannya.

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Raung dengan ketinggian kurang lebih 60 meter. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat tempat wisata ini belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Untuk mencapai lokasi air terjun diperlukan perjuangan ekstra karena anda harus berjalan naik turun bukit dan melewati 7 aliran sungai. Namun tidak perlu khawatir, di sepanjang jalan anda akan disuguhi keindahan flora dan fauna yang akan menemani perjalanan anda.

  • Alamat: Bejong, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 3.000,-
  • Parkir: Rp 2.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil

4. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng (Foto: @hehewey)

Banyuwangi terkenal dengan keindahan deretan pantai yang luar biasa salah satunya Pantai Wedi Ireng. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang memukau dan tak jemu untuk dipandang. Kondisi alam di pantai ini sangat asri dan sangat bersih dengan garis pantai yang panjang. 

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki dua sisi bagian dengan warna pasir berbeda yang dipisahkan oleh bebatuan yang ada di tengah pantai. Sisi barat memiliki pasirnya berwarna putih, sedangkan sisi timur memiliki pasir berwarna hitam. Air lautnya jernih dengan ombak yang landai. Selain itu, terdapat hamparan batu karang dan perbukitan hijau di sekitar pantai yang menambah pesona pantai ini untuk dikunjungi.

  • Alamat: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis, namun pengunjung wajib menjaga kebersihan tempat wisata ini.
  • Parkir: Rp 5.000 / motor dan Rp 10.000 / mobil

5. Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore (Foto: @rizalulala)

Selain wisata alam, Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata ramah anak yang menarik untuk dikunjungi yaitu Rumah Kurcaci Glenmore. Rumah Kurcaci Glenmore merupakan tempat wisata baru yang dibuat oleh pengelola Glen Coffee & Resto, sebuah tempat nongkrong masa kini. Maka dari itu untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya, hanya perlu membayar parkir. 

Tempat satu ini menarik minat wisatawan karena memiliki banyak spot foto instagramable layaknya di negeri dongeng. Setelah puas bersua foto tak lengkap rasanya jika tidak menikmati berbagai menu yang disediakan di Coffee & Restonya. Untuk harga menu makanannya cukup terjangkau dan aman di kantong. 

  • Alamat: Jl Untung Suropati No 44, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi
  • Jam buka: 16.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk: Gratis
  • Parkir: Rp 2.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil

BACA JUGA: Jadi Destinasi Terbersih Se-Asia Tenggara, Ini 5 Lokasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

6. De Djawatan Forest

De Djawatan Forest (Foto: babymimo)

Destinasi wisata Banyuwangi yang tak kalah menarik berikutnya adalah De Djawatan Forest. De Djawatan merupakan kawasan hutan lindung dengan pohon-pohon besar yang memiliki bentuk unik layaknya di dongeng-dongeng yang recommended untuk berswafoto. Pepohonan di hutan ini berbentuk kanopi yang estetik dan memiliki kesan magis. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa hutan ini mirip dengan hutan dalam film The Lord of The Ring.

Kawasan ini menarik untuk dikunjungi karena anda dapat menikmati suasana hutan yang sejuk dan asri dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Fasilitas yang bisa anda nikmati ketika berkunjung di De Djawatan seperti wahana permainan ATV, tempat camping, spot foto instagramable, toilet, tempat ibadah, dan tempat nongkrong atau cafe.

  • Alamat: Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 10.000,-
  • Parkir: Rp 2.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil

7. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah (Foto: hilmansyahrul_)

Pesona eksotis pantai di Banyuwangi yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Pulau Merah. Nama dari pantai ini diambil dari pulau kecil yang berada tak jauh dari pantai, pulau tersebut memiliki tanah berwarna merah, itu sebabnya pantai ini dinamai Pantai Pulau Merah.

Di Pantai Pulau Merah anda bisa melewati waktu liburan dengan menikmati keindahan pantai yang mempesona, melihat sunset, dan menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Bahkan, jika ingin mengunjungi Pulau Merah anda bisa kesana dengan berjalan kaki saat laut sedang surut.

Bagi para pecinta surfing pantai ini sangat cocok untuk berselancar karena pantai ini memiliki ombak yang bergulung-gulung nan indah. 

  • Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 10.000,-
  • Parkir: Rp 2.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil

8. Umbul Bening Waterpark

Umbul Bening Waterpark (Foto: nayla_yusti)

Tak hanya destinasi wisata alam, Banyuwangi juga memiliki tempat wisata buatan yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan yaitu Umbul Bening Waterpark. Umbul Bening Waterpark merupakan tempat wisata air terbesar di Banyuwangi. Konsep kawasan wisata ini berupa pemandian dengan suguhan pemandangan alam.

Fasilitas yang disediakan berupa kolam renang dengan berbagai jenis wahana air yang bagus dan menarik. Airnya pun berasal dari sumber mata air alami yang bersih dan segar. Selain berenang dan bermain wahana air, anda juga bisa berfoto karena terdapat banyak spot foto estetik yang sayang untuk dilewatkan. Tempa ini sangat cocok untuk berlibur dengan buah hati karena terdapat banyak wahana permainan seru untuk anak-anak.

  • Alamat: Salamrejo, Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi
  • Jam buka: 07.30 – 16.30 WIB
  • Tiket masuk: Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk dewasa

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi di akhir pekan. Banyuwangi memang terkenal dengan berbagai wisata yang menawarkan pesona luar biasa bagi wisatawan. Dijamin, jika Anda berkunjung ke sini tidak akan menyesal dan terus ingin kembali untuk tour ke seluruh wisata di Banyuwangi. Apakah Anda akan seperti ini juga? Patut dinantikan setelah Anda mengetahui indahnya wisata-wisata di Banyuwangi.

BACA JUGA: Mau Ngabuburit Sambil Foto-foto? Datang Saja ke Green Gumuk Candi di Banyuwangi yang Instagrammable

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Pentingnya Belajar Trading di Tahun 2023

Budug Asu Malang, Bukit Cantik Cocok bagi Pendaki Pemula