10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lumajang

Ardy Messi

Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Terkenal sebagai daerah penghasil buah pisang yang melimpah membuat Lumajang mendapat julukan sebagai Kota Pisang.

Kabupaten Lumajang memiliki banyak sekali pesona dan keindahan alam yang memukau namun masih banyak yang tersembunyi, sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Wilayahnya berbatasan dengan daerah-daerah yang memiliki alam pegunungan seperti, Probolinggo di sebelah Utara, Jember di sebelah Timur dan Malang di sebelah Barat.

Salah satu destinasi wisata Lumajang yang paling populer adalah Gunung Semeru. Namun tak hanya itu, Lumajang memiliki deretan tempat wisata alam yang beragam seperti gunung, air terjun, danau, dan kebun teh. Berikut ini, berbagai jenis rekomendasi tempat wisata di Lumajang yang menarik untuk dikunjungi saat waktu libur tiba.

10 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru

1. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru (Foto: mandalaadji)

Tempat wisata Lumajang pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Kapas Biru. Nama tempat wisata ini diambil dari penampakannya yang menakjubkan. Airnya mengalir dari ketinggian dengan aliran yang sangat deras hingga membentuk untaian bak kapas yang berwarna putih. Sedangkan kata biru berasal dari sisi samping air terjun yang muncul warna tersebut.

Air terjun cantik ini terletak di wilayah yang terpencil dan masih sangat alami. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus melewati jalan yang curam, menuruni tangga, serta menyeberangi sungai. Meskipun butuh perjuangan ekstra untuk sampai di lokasi, namun rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang sangat memesona.

Air terjun ini memiliki dua tingkatan, tingkatan pertama memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan tingkatan kedua ketinggiannya mencapai 90 meter. Di objek wisata ini pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas diantaranya berendam atau bermain air, dan menginap dengan mendirikan tenda di kawasan Air Terjun Kapas Biru.

  • Alamat: Mulyoarjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
  • Tiket masuk: Rp 10.000/orang
  • Jam buka: 05.00 – 16.00 WIB
  • Parkir: Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil

2. Puncak B29

Puncak B29 (Foto: khuwarizmy)

Lumajang ternyata memiliki destinasi wisata dengan pemandangan alam yang memukau yaitu Puncak B29. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan luar biasa bak negeri di atas awan. Dari Puncak B29 Anda bisa melihat keindahan Gunung Bromo dan Puncak Semeru.

Selain itu, deretan pegunungan yang eksotis juga dapat Anda lihat dari Puncak B-19 seperti Gunung Arjuno dan Welirang yang nampak gagah. Bergeser melihat ke arah Timur tampak gunung Raung dan Gunung Argopuro yang tak mau kalah dengan kemegahan puncaknya. Dari titik ini Anda juga bisa melihat indahnya sunrise dan sunset yang sangat cantik. Bagi Anda pecinta wisata alam jangan lupa mampir ke destinasi wisata satu ini karena suguhan pemandangannya yang luar biasa serta menarik untuk dikunjungi.

  • Alamat: Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang
  • Tiket masuk: Rp 5.000/orang
  • Jam buka: 24 jam
  • Parkir: Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil

3. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu (Foto: glorioustour.id)

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan panorama alam tersembunyi di Lumajang. Air terjun ini terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.  Destinasi wisata ini mencuri perhatian perhatian banyak orang karena memiliki keindahan yang memukau.

Untuk mencapai lokasi Anda harus berusaha ekstra melewati trek yang tidak mudah dan curam dengan melalui tebing-tebing. Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi kemegahan air terjun yang membuat mata terpana. Sebagaimana namanya, Air Terjun Tumpak Sewu memiliki banyak air terjun yang mengalir dari tebing yang tinggi seolah membentuk tirai putih yang sangat indah. Kawasannya juga masih sangat asri dengan udara sejuk yang membuat nyaman dan betah saat berada di tempat ini.

  • Alamat: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
  • Tiket masuk: Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Parkir: Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil

4. Gunung Lemongan

Gunung Lemongan (Foto: nrlailii__)

Gunung Lemongan memang belum terkenal seperti Gunung Semeru namun patut untuk Anda kunjungi karena memiliki pesona alam menawan yang mendapat julukan mirip Gunung Fuji. Gunung ini berada di antara Kabupaten Lumajang dan Probolinggo, memiliki ketinggian sekitar 1.651 meter di atas permukaan air laut yang sangat cocok untuk pendaki pemula.

Puncak gunung ini dikenal dengan nama Puncak Tarub. Menyuguhi pemandangan alam yang memesona, dari puncak Gunung Lemongan Anda dapat melihat 3 danau sekaligus yaitu Ranu Klakah, Ranu Pakis, dan Ranu Bedali. Tidak hanya itu, dari puncak Anda juga dapat melihat keindahan Gunung Semeru dan Gunung Argopuro yang gagah.

  • Alamat: Jl. Gunung Puji, Dusun Gn. Kenik, Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lamongan
  • Tiket masuk: –
  • Jam buka: 24 jam

5. Kebun Teh Kertowono Gucialit

Kebun Teh Kertowono Gucialit (Foto: totokwisnubroto)

Kebun Teh Kertowono salah satu destinasi wisata Lumajang yang menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan orang tersayang. Tempat wisata ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, namun baru saja ramai dan dikenal oleh banyak wisatawan. Kebun Teh Kertowono berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Berkunjung ke tempat wisata ini  Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa hamparan perkebunan teh yang memanjakan mata. Selain itu, daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah keindahan panorama pegunungan dengan udara segar dan sejuk yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Bila cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan 3 gunung sekaligus yaitu Gunung Raung, Argopuro, dan Lemongan. Fasilitas di kebun teh ini juga lengkap seperti toilet, mushola, aula rapat, warung makan, dan gazebo.

  • Alamat: Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang
  • Tiket masuk: Rp 5.000/orang
  • Jam buka: 08.00 – 17.00

BACA JUGA: Berkunjung ke Tempat Wisata Sungai Maron Pacitan, Amazonnya Jawa Timur

6. Pura Mandara Giri

Pura Mandara Giri (Foto: syaikhab)

Lumajang juga memiliki destinasi wisata sejarah sekaligus wisata religi yaitu Pura Mandara Giri. Pura ini merupakan salah satu pura tertua di Indonesia yang dibangun sekitar tahun 1960 an. Dahulunya pura ini didirikan atas semangat warga umat Hindu yang ingin membangun sebuah pura untuk melaksanakan upacara Nuur Tirta.

Pura Mandara Giri berada di kaki Gunung Semeru dan memiliki udara yang sangat sejuk karena terletak di ketinggian. Pura Mandara ini memiliki gaya arsitektur khas Majapahit. Tempat ini masih menjadi tempat ibadah umat Hindu, sehingga apabila Anda ingin berkunjung tetap harus menghormati dan mematuhi peraturan yang ada.

  • Alamat: Jl. Serma Dohir, Sumberagung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang
  • Tiket masuk: Gratis
  • Jam buka: 24 jam

7. Goa Tetes

Goa Tetes (Foto: yudakharsana)

Bagi Anda yang memiliki jiwa adventure, maka objek wisata satu ini akan sangat menarik untuk Anda kunjungi. Goa Tetes merupakan objek wisata alam Lumajang yang membutuhkan perjuangan untuk bisa mencapai lokasinya. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 55 km menuju arah selatan, setibanya di tempat parkir, Anda harus berjalan sekitar 1 km lagi.

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas sesampainya di lokasi Goa Tetes. Anda akan disuguhi pemandangan goa yang menakjubkan dengan fenomena stalaktit dan stalagmit yang terbentuk di langit dan lantai goa.

  • Alamat: Besukcukit, Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lamongan
  • Tiket masuk: Rp 10.000
  • Jam buka: 07.30 – 16.00
  • Parkir: Rp 3.000/motor dan Rp 5.000/mobil

8. Museum Daerah Lumajang

Museum Daerah Lumajang (Foto: ariesda2011)

Selain banyaknya wisata alam, Lumajang juga memiliki destinasi wisata sejarah yaitu Museum Daerah Lumajang. Tempat wisata ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah dari Kerajaan Lumajang hingga peninggalan Kolonial Belanda. Selain itu, di museum ini juga terdapat seni budaya dan berbagai jenis kepurbakalaan.

Museum ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempelajari peninggalan sejarah. Ruang pameran museum ini berisi Koleksi Prasejarah, Klasik, Naskah Kuno, Senjata, Numismatik (Mata Uang Kuno), Koleksi Kolonial, Replika dan koleksi lainnya. Berbagai alat musik juga tersedia disini, terdapat seni tari dan pakaian  adat Lumajang yang bisa Anda saksikan.

  • Alamat: Krajan, Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lamongan
  • Tiket masuk: –
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB (Senin – Jumat)

9. Pantai Watu Pecak

Pantai Watu Pecak (Foto: bilqislma)

Tidak hanya deretan pegunungan dan air terjun yang eksotis, Lumajang juga memiliki pantai yang menarik untuk berlibur salah satunya Pantai Watu Pecak. Tempat wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga dan orang terkasih untuk menghilangkan penat. Suara deburan ombak dan hembusan angin yang sejuk membuat Anda betah saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai ini berada di pesisir selatan Kabupaten Lumajang dengan jarak dari kota sekitar 18 km. Pantai Watu Pecak memiliki pasir berwarna hitam. Apabila Anda mencari tempat untuk berselancar, pantai ini menjadi pilihan yang tepat karena memiliki ombak yang besar. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin bermain air disarankan disarankan untuk tidak terlalu dekat ke bibir pantai.

  • Alamat: Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lamongan
  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Parkir: Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil

10. Ranu Pani

Ranu Pani (Foto: dilamalo)

Ranu Pani, destinasi wisata alam Lumajang yang sangat terkenal di kalangan pecinta alam. Danau ini terletak di Gunung Semeru sehingga untuk mencapai lokasi, Anda harus melakukan pendakian. Ranu Pani sangat terkenal karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Selain menikmati indahnya danau, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan kaldera yang memukau di sekeliling danau. Suasana alam yang tenang dan sejuk dapat Anda nikmati ketika mengunjungi kawasan wisata ini.

  • Alamat: Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lamongan
  • Tiket masuk: Rp 19.000/orang
  • Jam buka: 24 jam

Penutup

Tempat wisata Lumajang memiliki beragam keindahan yang menarik untuk dikunjungi. Panorama alam yang memukau membuat Anda akan betah ketika mengunjunginya. Jadi, saat waktu libur tiba jangan lewatkan mampir mengunjungi tempat wisata Lumajang bersama keluarga dan orang tersayang.

BACA JUGA: Berkunjung ke Danau Segitiga Emas di Lumajang untuk Saksikan Pemandangan Sunrise yang Indah

Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.