5 Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat

Source: valeria_aksakova

Berat badan janin yang normal wajib diketahui oleh para calon ibu. Jika berat badan janin dalam kandungan ternyata kurang dari berat badan ideal di usia yang seharusnya, maka ibu hamil direkomendasikan untuk melakukan beberapa cara agar berat badan janin menjadi ideal. 

Terjadinya banyak kasus, dimana beberapa ibu hamil kerap merasa khawatir mengenai berat badan janin ideal sebelum hamil, atau bagaimana nanti cara menurunkan berat badan setelah persalinan. Namun, yang wajib diketahui oleh para calon ibu karena tidak kalah penting adalah bagaimana cara mengoptimalkan berat badan janin, untuk mencapai berat janin yang ideal atau jika kurang dari target. 

Perlu diketahui bahwa janin dengan berat badan yang rendah berpotensi akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti kelahiran prematur, pertumbuhan yang lambat, risiko penyakit jantung, dan diabetes di usia dewasa. 

Jadi, jika berat badan janin dalam kandungan ibu hamil ternyata kurang dari berat badan ideal di usia yang seharusnya, maka direkomendasikan untuk melakukan beberapa cara menambah berat badan janin secara cepat berikut ini:

Menyeimbangkan Asupan Gizi

Asupan gizi yang seimbang menjadi hal penting untuk menambah berat badan janin agar normal. Ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin – vitamin dari buah dan sayur. Lakukanlah cara ini secara teratur dan seimbang !

Secara lebih spesifik, ragam makanan yang paling direkomendasikan untuk menambah berat badan janin antara lain susu, yoghurt, kedelai, ayam, ikan, brokoli, wortel, jeruk, salmon, apricot, ara, dan kenari. 

BACA JUGA: Lapar Tengah Malam? Kamu Bisa Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal merupakan kombinasi dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh wanita sebelum, selama, dan setelah kehamilan, untuk menjaga kesehatan dirinya dan juga bayinya. Sementara, asam folat merupakan jenis vitamin B yang banyak ditemukan pada suplemen atau dicampurkan dalam makanan, serta merupakan bentuk sintetis dari folat. 

Namun sebelum mengkonsumsi vitamin prenatal, alangkahbaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait berat janin ideal. Baru setelah itu konsumsi vitamin prenatal untuk mendapatkan berat janin yang normal. 

Istirahat Yang Cukup

Cara menambah berat badan janin secara cepat selanjutnya adalah dengan beristirahat yang cukup dan ini tidak boleh diabaikan. Jika ibu hamil terlalu banyak beraktivitas sehingga menguras banyak tenaga, maka itu bisa memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin. 

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mencoba untuk konsisten dalam mengatur jam tidur. Dianjurkan untuk mengambil waktu tidur selama 8 jam sehari agar mendapat cukup energi. 

Selalu Berpikir Positif dan Jauhi Stress

Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, ibu hamil pun wajib memperhatikan kesehatan psikisnya. Sebab, segala bentuk stress, kecemasan, dan depresi bisa memengaruhi kesehatan ibu hamil bahkan janin dalam kandungannya. 

Emosi yang tidak terkontrol, tidak jarang membuat hormon makin berfluktuasi sehingga kerap membuat ibu hamil memilih makanan yang salah, bahkan pilihannya terkadang yang tidak dianjurkan dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Meski demikian, yang terpenting ibu hamil jangan pernah ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan janin. Sampaikanlah keluhan yang ibu rasakan agar bisa mendapatkan penanganan lebih cepat. 

Tidak Mengkonsumsi Alkohol, Kafein, dan Tembakau

Cara selanjutnya adalah ibu hamil jangan mengkonsumsi alkohol, kafein, maupun tembakau, serta obat – obatan selain yang direkomendasikan oleh dokter.

Sebab, zat – zat tersebut bisa menimbulkan efek yang berbahaya pada kesehatan ibu hamil dan juga janin. 

BACA JUGA: Naik-Turunnya Berat Badan Sebabkan Orang Mudah Sakit

Written by Admin Post

I am not just a blogger, I am a professional procrastinator with a knack for oversharing. My hobbies include drinking coffee, taking pictures of my food, and pretending I have my life together.