5 Cara Memilih Keran Air yang Bagus, Awet, dan Berkualitas

Keran air memiliki peran yang penting terutama dalam rumah tangga karena berfungsi untuk mengalirkan air ke dalam rumah. Dengan memilih keran air yang bagus dan berkualitas tentu suplai air dalam rumah tangga akan terjamin tanpa perlu khawatir mengalami kebocoran.

Baik gedung tinggi atau bangunan rumah biasanya menggunakan keran air guna mengalirkan air ke berbagai bagian. Selain itu, pemilihan serta pemasangan keran tidak boleh secara sembarang karena berisiko mengalami kebocoran dan kerusakan.

5 Cara Memilih keran Air yang Bagus, Awet, dan Berkualitas

Siapa yang tidak pernah mengalami keran air bocor atau jebol? Pasti Anda pernah melihat atau bahkan mengalaminya sendiri. Untuk mengatasi masalah kebocoran keran, Anda bisa menggunakan tips berikut agar mendapat keran yang bagus dan berkualitas:

1. Perhatikan Sambungan keran

Jenis keran air cukup beragam sesuai peruntukkan atau fungsinya, namun terkadang masih banyak yang salah memilih jenis. Ketika memilih keran, hal yang pertama Anda perlu perhatikan adalah material atau bahan yang dapat menentukan kualitasnya.

Lantas, bagaimana cara memilih keran yang tepat? Sebenarnya caranya mudah, Anda bisa menggunakan keran berbahan stainless steel. keran berbahan stainless steel tidak mudah berkarat dan rusak ketimbang bahan plastik sehingga bisa mengatasi kebocoran.

2. Pilih Jenis keran sesuai Kebutuhan

Jenis keran yang beragam seringkali membuat orang-orang bingung memiliki salah satu yang tepat sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Anda tidak bisa memilih secara sembarangan dan harus mengenal jenis-jenis tersebut terlebih dahulu

Biasanya dalam satu rumah menggunakan lebih dari satu jenis keran air, seperti keran di dapur, kamar mandi, taman, dan lainnya. Pada kamar mandi bisa menggunakan jenis keran pancur memusat, sedangkan area dapur menggunakan keran yang airnya tidak terlalu deras.

3. Keran dengan Leher Fleksibel

Memilih keran air sebenarnya tidak hanya terpaku pada penggunaan bahannya saja, Anda juga perlu memperhatikan bagian sambungan atau leher keran. Terlebih bagian leher ini dapat menentukan kualitas keran.

Sebaiknya pilih keran air yang memiliki leher panjang dan fleksibel guna memudahkan berbagai aktivitas, seperti cuci piring. Apabila menggunakan keran dengan leher kaku tentu beberapa pekerjaan rumah akan sulit Anda kerjakan.

4. Gunakan dengan Dua Pilihan Suhu Air

Dengan memasang water heater listrik tentu bisa memudahkan Anda menikmati air hangat dan dingin ketika mandi. Meskipun begitu, tidak banyak orang yang senang menggunakan water heater listrik dan memilih menggunakan satu jenis air.

Sebenarnya keran air bisa tetap bagus dan awet jika Anda menggunakan dua pilihan suhu air dalam rumah. Pasalnya, air hangat dapat membersihkan kerak dan noda membandel serta meminimalisir keran berlumut. 

5. Tidak Berfokus pada Desain keran

Sebenarnya tidak hanya jenis keran yang beragam tapi desainnya juga unik-unik sehingga sangat menarik. Akan tetapi, ketahanan dan kualitas keran tidak tergantung pada desain melainkan bahan dan sambungan.

Sebaiknya Anda tidak terlalu fokus pada desain saat memilih keran air karena desain bagus belum tentu tahan untuk penggunaan jangka panjang. Semakin sederhana bentuk keran air, maka gagang keran akan lebih awet untuk pemakaian sehari-hari.

Ingin memilih keran air berkualitas dan awet? Anda bisa membeli keran merek San-Ei melalui platform Blibli. Blibli adalah salah satu platform belanja online terbesar yang menawarkan berbagai produk lengkap dan original dengan harga terjangkau.

Written by Admin Post

I am not just a blogger, I am a professional procrastinator with a knack for oversharing. My hobbies include drinking coffee, taking pictures of my food, and pretending I have my life together.