Pantai Santolo, Pantai Terunik di Garut

Selain curug, gunung, dan candi, Garut juga mempunyai pesona keindahan laut yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pantai Santolo yang berada di Desa Cikelet, Pamengpeuk, memiliki banyak pesona unik di dalamnya untuk memikat wisatawan.

Dari pusat kota Garut, wisatawan perlu melipir ke arah selatan selama kurang lebih 88 km atau sekitar 3,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum berupa mobil Elf ke arah Pamengpeuk, Kabupaten Garut.

Pantai Santolo berdekatan dengan tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dengan menyeberang perahu dari bibir pantai, wisatawan akan menemukan panorama yang menakjubkan di Pantai Santolo, salah satunya adalah Muara Cilauteureun.

Dinamakan Cilauteureun karena air di muara begitu tenang seolah-olah berhenti. Hal yang menjadikannya unik adalah karena air di muara ini mengalir dari laut ke sungai, bukan sebaliknya.

Sebelum menyeberang ke Pulau Santolo, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memesona. Selain dari air laut yang berwarna hijau kebiruan, jajaran batu yang membelah pantai akan memanjakan mata.

Pemandangan di sepanjang jajaran batu ini tidak kalah menarik dengan keindahan pantai utamanya. Jika kita mau berjalan sampai ke ujung jajaran batu, pemandangan laut akan tersuguh dengan romantis dan bisa menjadi spot yang indah untuk memotret. (nha)

Written by Janah

Simple Girl

5 Orang Ini Dipecat karena Tweet “Bodoh”

5 Hewan Ini Bisa Bicara Lho!