Mengintip Keindahan Moonbow, Bukan Pelangi Biasa


Moonbow adalah sebuah fenomena alam yang bentuknya mirip pelangi, lengkap dengan perpaduan gradasi warna merah hingga ungu. Berbeda dengan pelangi, ia tak muncul setelah butir-butir hujan disambut sinar matahari.

Moonbow justru hadir saat semua orang terlelap di malam hari. Seperti dilansir Atlas Obscura, Kamis (3/4/2014), moonbow muncul karena pembiasan cahaya bulan terhadap uap air di udara.

Fenomena ini terlihat jelas pada malam bulan purnama, di sekitar air terjun. Salah satu lokasi untuk melihat moonbow adalah air terjun Yosemite. Seseorang pernah menulis, hampir setiap malam bulan purnama moonbows hadir di Yosemite.

“Ia bersinar megah di tengah bayang-bayang suram dan gemuruh air, setiap kali sinar bulan menerpa,” tulis John Muir, seorang pengagum alam

Namun, tidak semua moonbow dapat dilihat dengan mata telanjang. Terkadang, itu hanya menyisakan seberkas cahaya putih tipis. Spektrum yang lebih indah baru bisa tertangkap lewat lensa kamera.

Selain di Yosemite, beberapa tempat lain untuk melihat moonbow adalah air terjun Cumberland di Kentucky, air terjun Victoria di Afrika, serta sebuah hutan di Kostarika. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak