Danau Karakul, Danau Hitam yang Tak Hitam

Mungkin Anda pernah mendengar nama Laut Hitam. Bagaimana dengan Danau Hitam? Danau tersebut terletak di kawasan Pegunungan Pamir yang kering dan tinggi di Tajikistan.

Danau Karakul
Danau Karakul

Danau Hitam atau dikenal dengan nama lain Danau Karakul, menjadi salah satu lokasi paling indah dan terpencil di Asia Tengah, yang banyak diburu oleh para fotografer. Danau Hitam masih menjadi bagian dari Taman Nasional Tajik.

Danau Karakul
Danau Karakul

Meski bernama Danau Hitam, namun sebenarnya warna danau ini tidaklah hitam, melainkan hijau tua atau biru tua ketika memasuki musim panas. Danau air payau tersebut berbaring di atas sebuah cekungan tertutup pada ketinggian 3.900 meter di atas permukaan laut. Karena dikelilingi oleh daerah pegunungan yang tinggi, danau ini menerima kurang dari 30 mm curah hujan per tahun, yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu tempat terkering di Asia Tengah.

Antara bulan Oktober sampai Mei, permukaan danau ini akan membeku, yang terlihat seperti hamparan pasir putih yang luas jika dilihat dari desa Karakul, tempat sebuah komunitas kecil dari orang Kyrgyz yang bertahan hidup dengan cara berternak domba dan kambing.

Danau Karakul
Danau Karakul

Dilansir amusingplanet, Jumat (18/4/2014), danau ini diyakini terbentuk ketika meteor menghantam bumi sekitar 25 juta tahun yang lalu. Lelehan air es di sekitar pegunungan kemudian mengisi cekungan itu dan kemudian membentuk danau. Danau yang berdiameter 25 km ini sebelumnya dikenal sebagai Danau Victoria sampai awal abad 20. Namun, nama itu berubah dengan munculnya peraturan dari Soviet pada tahun 1920-an.

Suka menikmati pemandangan alam? Maka Anda harus datang ke danau ini, karena pemandangannya cukup indah. (tom)

 

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Salar de Uyuni, Cermin Alam Terbesar di Dunia

Menstruasi Membuat Wanita Jadi Bodoh?