Sejuknya Danau Ranamese di Flores

Alam bagian timur Indonesia memiliki potensi wisata alam yang bisa menarik wisatawan jika dikembangkan lebih baik lagi. Salah satu contohnya adalah objek wisata yang ada di Flores.

Selain memiliki sumber mata air mineral di Ruteng, ada objek wisata berupa danau yang cukup indah, yaitu Danau Ranamese. Danau ini mungkin tidak sepopuler Pulau Komodo dan Kelimutu, tetapi danau ini menawarkan pesona alam yang sayang jika dilewatkan.

Danau Ranamese
Danau Ranamese

Dilansir dari Yukpegi, Senin (12/5/2014), danau ini terletak di pada 1100 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh hutan tropis yang jarang dijamah oleh manusia. Dari pusat kota Ruteng, objek wisata ini berjarak sekitar 27 km dan cukup mudah diakses.

Jika ke sini menggunakan kendaraan umum, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam. Atau jika ingin lebih santai, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi danau memang mudah dijangkau karena letaknya persis di pinggir jalan utama kota Ruteng yaitu di jalur  Ruteng-Borong.

Danau yang dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun ini menawarkan udara yang sangat sejuk dan segar. Saat Anda menemukan tembok besar di tepi jalan, itu berarti di balik tembol tersebut terdapat Danau Ranamese. Tembok tersebut memang dibangun oleh pemda setempat secara khusus untuk menutupi pemandangan danau yang sebelumnya dapat dinikmati dari tepi jalan tanpa harus pergi ke pinggir danau.

Danau Ranamese
Danau Ranamese

Hal tersebut menyebabkan jalanan di Ruteng menjadi macet karena banyak wisatawan yang berhenti di jalan untuk melihat keindahan danau ini. Oleh sebab itu wisatawan yang ingin ke danau sekarang dapat memarkirkan kendaraan di area parkir yang telah disediakan. Setelah memarkir kendaraan, Anda dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu untuk masuk ke objek wisata danau ini.

Danau di tengah hutan ini memiliki air yang sangat dingin. Ketenangan air danau dan suara burung-burung yang berkicau sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri dan menyegarkan pikiran setelah suntuk melewati perjalanan yang panjang.

Selain duduk menikmati panorama alam yang disuguhkan dan udara pegunungan yang segar, Anda dapat berlayar berkeliling danau menggunakan perahu yang dapat disewa dari penduduk sekitar. Jika Anda hobi memancing, Anda juga dapat melakukan hobi ini saat berlibur ke Ranamese. Jadi, tunggu apa lagi? (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Wow, Ada Jembatan Alami Terpanjang di Dunia Lho!

Wanita Lebih Mudah Stres Di Kantor Daripada Pria