Ternyata, Rasa Cinta Mengurangi Kecemasan


Tahukah Anda? Rasa cinta mempunyai efek positif yang bisa bertahan lama. Terkait hal ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hubungan romantis bisa berefek positif pada pengembangan kepribadian orang dewasa muda.

Ini semua disebabkan mencintai dan dicintai menurunkan rasa cemas dan neurotisisme. “Orang-orang neurotik agak cemas, tak aman, dan mudah kesal. Mereka memiliki kecenderungan depresi, sering menunjukkan rasa rendah diri dan cenderung tak puas dengan kehidupan mereka,” kata Dr Christine Finn

Adapun penelitian ini dilakukan para psikolog dari Universitas Jerman, Jena dan Kassel, yang diterbitkan dalam Journal of Personality seperti dilansir Sciencedaily, Rabu (14/5/2014).

Tetapi, menurut Jena, temukan orang-orang tersebut menjadi lebih stabil dalam hubungan percintaan dan kepribadian mereka pun stabil. Pada studi ini, sebanyak 245 pasangan berusia 18 sampai 30 tahun dianalisa korelasi antara kepuasan hubungan dan neurotisme selama sembilan bulan.

Para peneliti juga meminta peserta membayangkan skenario yang dibuat dan bagaimana reaksi mereka. “Bagian ini sangat penting karena orang yang neurotik memproses pengaruh dari luar secara berbeda,” kata peneliti.

Para ilmuwan menemukan, kecenderungan ini secara bertahap menurun dari waktu ke waktu ketika berada dalam hubungan romantis. Semakin lama seseorang menjalin hubungan maka semakin sedikit situasi negatif yang terlihat. “Emosi positif yang diperoleh dengan memiliki pasangan mengubah kepribadian, tapi secara tidak langsung,” tutup peneliti. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak