jadiProfil: Jeremy Teti, Presenter Cerdas Multi Talenta


Pria bernama lengkap Yeremias Teti atau yang lebih dikenal dengan Jeremy Teti merupakan salah satu presenter berita di Liputan 6, SCTV. Dalam gayanya membawakan acara berita, ia terlihat ikonik dengan salam khasnya yaitu “Salam SCTV”. Sejak itu, namanya begitu lekat di masyarakat. Namun siapa sangka, ternyata semua berawal dari sekadar iseng.

Jeremy yang lahir pada 31 Maret 1968 di Atambua, Nusa Tenggara Timur memang sudah berminat menjadi pembawa berita sejak kecil. Ia pun sangat meminati pembawa berita TVRI zaman dahulu yang menurutnya terlihat gagah. Untuk mengejar mimpinya ia berkuliah di Sekolah Tinggi Kartika Bangsa Yogyakarta dengan jurusan Sosial & Politik.

Selain itu, Jeremy pun sempat melanjutkan pendidikan disebuah lembaga pendidikan mengambil pendidikan broadcast selama setahun. Hasil pendidikannya bagus dan sertfikatnya dia gunakan untuk melamar kerja ke berbagai perusahaan.

Karier

Jeremy melamar ke TVRI Yogyakarta, namun ditolak karena belum menyelesaikan kuliahnya meski hasil tes menunjukkan dia lulus. Setelah lulus ia sempat bekerja di perusahaan ekspor-impor sembari terus mengejar impiannya untuk menjadi presenter televisi.

Pada tahun 1994, ia memulai bekerja di SCTV Surabaya sebagai announcer continuity. Ia melakukan siaran on air perdananya sebagai presenter Liputan 6 dalam rangka ulang tahun SCTV pada tanggal 24 Agustus 1996 bersama Ira Koesno di Liputan 6 Pagi. Sebagai jurnalis ia pernah hampir terancam mati saat liputan pada saat Timor Timur akan berpisah dari Indonesia dan juga pada saat ricuh tahun 1998.

Sebagai jurnalis, Jeremy memiliki pengalaman sedemikian rupa selama menjadi reporter SCTV. Ia pernah hampir terbunuh saat melakukan liputan di Timor Timur saat propinsi itu memilih berpisah dari Indonesia dan hendak mendirikan negara baru pada tahun 1998. Tak hanya itu, ia dan kru SCTV bahkan pernah tidur di dalam penjara. Pada kerusuhan Mei 1998, ia melakukan liputan dan nyaris tinggal di lokasi kejadian untuk mendapatkan berita-berita terlengkap mengenai peristiwa tersebut.

Per 1 Agustus 2013, Jeremy resmi mengundurkan diri dari SCTV. Jeremy memilih fokus ke dunia hiburan setelah mengundurkan diri dari SCTV. Ia memang punya mimpi yang belum terkejar yakni aktif di dunia entertainment. Setelah video Jeremy Teti berjudul Jeremy Teti Nyanyi! – BBM Campuran diunggah oleh Eka Gustiwana, dia sering diundang ke berbagai stasiun televisi untuk diwawancarai.

Pada tahun 2014, untuk pertama kalinya Jeremy Teti memenangkan Panasonic Gobel Awards 2014 Kategori Presenter Berita & Talkshow Berita setelah lima kali mengikuti nominasi namun tidak juga menang.

Data Pribadi

Nama : Jeremy Teti
Tempat : Atambua, Nusa Tenggara Timur
Tanggal Lahir : 31 Maret 1968
Kewarganegaraan : Indonesia
Profesi : Pembawa Berita, Reporter, Produser di Liputan 6, SCTV 1994- 2013
Hobi : Tenis
Makanan Kesukaan : Apa aja yang membuat diri sehat.
Jurusan Kuliah : Sosial & Politik
Twitter: @_jeremyteti

Acara TV

1. Liputan 6 SCTV (1994-2013)
2. Suka-Suka Uya MNC TV (2013-Sekarang)
3. Infotemen Trans TV (2013-2014)
4. Tunjuk Satu Bintang MNC TV (2014-Sekarang)
5. Top Gear Indonesia Indosiar (2014-Sekarang)
6. Seleb.com (RTV) (2014-sekarang)

Penghargaan

1. Nominasi Panasonic Gobel Awards 2010 Presenter Berita/Current Affairs (2010)
2. Nominasi Panasonic Gobel Awards 2011 Presenter Berita/Current Affairs (2011)
3. Nominasi Panasonic Gobel Awards 2012 Presenter Berita & Informasi (2012)
4. Nominasi Panasonic Gobel Awards 2013 Presenter Berita & Informasi (2013)
5. Pemenang Panasonic Gobel Awards 2014 Presenter Berita & Talkshow Berita (2014)

(nha/jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
61
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak