Apam, Kuliner Aceh yang Mulai Dilupakan


Aceh tidak hanya terkenal dengan keindahannya alamnya, tetapi juga memiliki beragam kuliner yang bisa memanjakan lidah masyarakat Indonesia dan mancanegara. Selain kopi Arabika dan Mie Aceh, Aceh memiliki satu kuliner lagi yang mulai dilupakan, yaitu apam.

Dalam tradisi masyarakat Aceh, makanan apam ini sering dimasak saat menghadapi bulan Rajab yang disebut di Aceh dengan bulan Apam. Seluruh masyarakat Aceh menggelar kenduri apam pada bulan tersebut. Apam tersebut lalu dibagi-bagikan pada tetangga dan orang fakir miskin lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman, kebiasaan masyarakat Aceh mengadakan kenduri Apam kian berkurang. Bahkan banyak generasi muda saat ini menjadi asing dengan makanan khas tersebut.

Dilansir Merdeka, Jumat (30/5/2014), apam memiliki 4 jenis, yaitu Apam Rasa Gurih yang merupakan rasa asli apam Aceh, apam jenis rasa daun pandan, apam kelapa dan yang terakhir apam rasa ketela.

Mengenai rasa, tentunya tidak kalah enaknya dengan Mie Aceh. Bagi Anda yang kebetulan tinggal di Aceh atau sedang berlibur ke Aceh, maka Anda harus cicipi makanan ini, kemudian sebarkan makanan ini ke kenalan Anda, agar makanan ini kembali populer seperti dulu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak