Waspada! Sering Tidur Larut Malam Bikin Tubuh Cepat Lelah


Apakah Anda pernah merasa lelah setelah tidur cukup di malam hari? Pasalnya, tak sedikit orang yang kerap terasa lelah akibat sering tidur malam. Terkait hal ini, psikolog klinis asal American Academy of Sleep Medicine, Michael J. Breus, Ph.D mengatakan bahwa kemungkinan kondisi tersebut diakibatkan terlalu larut tidur di malam hari.

“Jika Anda sering tidur terlalu malam, maka Anda mungkin lelah keesokan hari. Tubuh Anda mencintai konsistensi. Ketika Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, hal ini akan menciptakan konsistensi waktu. Misalnya Anda terbiasa tidur delapan jam sehari, ketika akhir pekan, Anda tidur sembilan jam. Ini akan mengganggu ritme,” kata Michael, seperti dikutip Huffingtonpost, Selasa (10/6/2014).

Lebih lanjut Michael menjelaskan, siklus tidur seseorang rata-rata sekitar 90 menit. Bahkan, setiap individu umumnya mempunyai lima siklus tidur pada malam hari.

Meskipun hal tersebut tak berlaku bagi semua orang, namun total rata-rata normalnya tidur seseorang selama 7,5 jam. Dengan kata lain, apabila seseorang bangun satu jam lebih lama, maka seseorang itu akan merasa lelah dan pusing.

Bukan hanya itu saja, Michael pun menuturkan bahwa seseorang ternyata begitu sulit untuk bangun tidur bila telah pulas hingga ke siklus 3 atau 4. Meski demikian, ada hal yang perlu diingat bahwa terlalu banyak tidur akan membuat Anda kelelahan sepanjang hari.

“Ingat kuantitas tidak sama dengan kualitas. Anda bisa banyak tidur tapi belum tentu mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika Anda ingin mengetahui jadwal tidur terbaik, coba mulai bangun di pagi hari dan menghitung mundur 7,5 jam,” tutupnya.

Jadi, aturlah pola tidur Anda sebaik mungkin. Jangan sampai waktu tidur Anda justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak