Beberapa Kuliner Khas Timur Tengah, Dijamin Ketagihan


Negara-negara Timur Tengah ternyata memiliki kuliner yang cukup enak disantap. Kuliner Timur Tengah ada banyak, namun dalam tulisan ini hanya akan diambil 6 kuliner saja. Meskipun hanya 6, dijamin makanan-makanan ini akan membuat Anda ketagihan. Berikut 6 makanan khas Timur Tengah, dilansir dari Detik, Sabtu (14/6/2014).

1. Falafel (Yordania)

Falafel
Falafel

Bentuk makanan ini seperti perkedel, dan terbuat dari kacang-kacangan dan rempah. Falafel memiliki banyak cara untuk dimakan. Salah satunya menjadi tambahan menu dalam roti pita dengan sayuran dan mayonaise.

2. Shawarma (Uni Emirat Arab)

Shawarma
Shawarma

Makanan ini sejenis dengan makanan Timur Tengah lainnya, yaitu kebab. Beberapa daging yang bisa digunakan untuk shawarma antara lain daging kambing, ayam, kalkun dan sapi. Shawarma biasanya disajikan bersama potongan sayuran, acar dan mayonaise. Setelahnya dibungkus bersama roti pita atau sejenisnya.

3. Shish Tawook (Mesir)

Shish Tawook
Shish Tawook

Makanan ini bisa dibilang satenya Timur Tengah. Shish Tawook terbuat dari daging ayam yang ditusuk seperti sate, dengan selingan paprika. Jika di Indonesia sate disajikan dengan saus kacang, maka Shish Tawook disajikan dengan saus bawang putih. Makanan ini biasanya disajikan dengan kentang goreng atau roti pita. Selain di Mesir, makanan ini juga tersedia di Irak, Libanon atau Suriah.

4. Baklava (Turki)

Baklava
Baklava

Baklava adalah camilan pastry manis yang terbahan dasar mentega lembut, potongan kacang, tepung, dan telur, yang kemudian disajikan dengan dressing madu. Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini terlihat tidak menarik. Namun ketika mencobanya, tidak ada yang bisa menolaknya. Rasanya terlalu manis untuk dilewatkan.

5. Mansaf (Yordania)

Mansaf
Mansaf

Makanan ini terbuat dari nasi dengan topping daging kambing. Yang membuatnya berbeda, ada kuah yoghurt yang asam dan segar sebagai pelengkap makanannnya. Karena satu porsi makanan ini cukup banyak, maka satu piring pun bisa dimakan untuk beberapa orang.

6. Hummus (Mesir)

Hummus
Hummus

Hummus adalah saus atau cocolan yang terkenal di Timur tengah termasuk Turki dan Maroko. Hummus terbuat kacang Arab dicampur dengan tahini, minyak zaitun, perasan lemon, garam dan bawang putih. Hummus biasa dimakan bersama sayuran segar, atau roti pita yang garing. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan burger dengan saos Hummus ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
31
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak