Pantai Fort Bragg Punya Pasir Kaca Warna-warni Lho!


Jika berkunjung ke pantai Fort Bragg, Anda akan menemukan fenomena yang belum pernah Anda lihat di pantai manapun. Pasalnya, pantai yang terletak di di pesisir Mendocino, California, Amerika Serikat memiliki pasir kaca berwarna-warni. Sangat indah bukan?

Lantaran kondisi alam yang unik, pasir di tempat ini pun bercampur dengan pecahan-pecahan beling memenuhi hampir keseluruhan pesisir pantai. Meski tergolong berbahaya, anehnya pecahan-pecahan kaca itu tak dapat melukai kaki, justru pecahan kaca tersebut terlihat indah seperti kerikil yang terbuat dari batu permata.

Seperti ditulis Unfinished Man, Rabu (18/6/2014), sejak tahun 1949, pantai ini adalah lokasi pembuangan sampah warga. Selama 18 tahun lebih penduduk Fort Bragg membuang sampah rumah tangga dengan melemparkannya dari tebing yang berbatasan langsung dengan pantai.

Alhasil, permukaan pantai menjadi tercemar sampah. Berbagai program pembersihan digalakkan untuk mengembalikan kondisi alam Pantai Fort Bragg. Selama bertahun-tahun, ombak yang menerjang pantai menyapu sampah-sampah yang menutupi kawasan tersebut.

Kala itu, yang tertinggal hanya beling bekas pecahan botol-botol kaca. Pecahan kaca ini mengalami erosi karena air laut, sehingga permukaannya menjadi halus. Itulah yang menyebabkan, pecahan kaca berwarna-warni tersebut jadi tampak seperti manik-manik kaca.

Kini, taman ini menjadi bagian dari MacKerricher State Park. Setiap hari, pantai ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan di belahan dunia yang ingin melihat pemandangan pasir pantainya. Selain itu, terdapat pula Glass Festival yang diselenggarakan setahun sekali di pantai Fort Bragg.

Para turis pun tak jarang yang mengambil batu-batu kaca di pantai ini untuk dibawa pulang. Padahal tindakan ini sudah dilarang oleh pengelola pantai Fort Bragg. Akibatnya jumlah kerikil kaca di sana semakin berkurang dari tahun ke tahun. Sangat disayangkan ya atas tindakan yang dilakukan para turis ini. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak